21 Jun 2018 13:39

Harga Bapok di Pasar Kotamobagu Stabil

MyPassion
Pantauan Rabu (20/6) di Pasar 23 Maret dan Pasar Serasi Jalan Kartini Kelurahan Gogagoman, harga sejumlah bumbu dapur masih stabil. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—H+5 Idul Fitri, harga bahan pokok (bapok) di sejumlah pasar tradisional Kotamobagu terpantau stabil. Tak ada kenaikan atau penurunan harga yang signifikan. Harga cabai rawit saat ini berada di kisaran Rp 50 ribu per kilogram (kg) dan tomat 8 ribu per kg. Sementara untuk harga daun bawang Rp 50 ribu per satu ikat besar.

"Memang sebelum Idul Fitri mengalami kenaikan. Tetapi sekarang sudah mulai stabil. Tomat sebelumnya Rp 15 ribu per kg, sekarang Rp 8 ribu per kilogram. Rica sebelumnya Rp 60 hingga 80, sekarang Rp 50 per kg. Yang naik belum juga turun harga itu daun bawang," ungkap pedagang Pasar Serasi Ade Kokunsi, kemarin (20/6).

Kata Ade, harga bapok dari tahun ke tahun seperti itu. Bahkan kenaikan hampir di semua pasar tradisional di Kotamobagu. “Itu hal biasa buat kami pedagang. Harga itu akan semakin tinggi kalau hasil panen kurang," sambungnya.

Dirinya menambahkan, diperkirakan hari raya ketupat nanti, harga akan kembali naik. “Karena dari tahun-tahun sebelumnya di hari raya ketupat harga akan naik, tinggal tunggu besok seperti apa," ungkapnya.

Sementara salah seorang konsumen di Pasar 23 Maret Nansi Ratu mengatakan, harga bahan pokok tidak hanya naik saat pekan ini saja. Beberapa pekan lalu harga mulai mengalami kenaikan, tetapi turun pada satu pekan kemudian.

"Harga bahan pokok masuk Idul Fitri kemarin sudah naik dan turun lagi. Bahkan cabai merah sudah pernah mencapai Rp 65 ribu per kilogram, sekarang sekitar Rp 30 hingga Rp 45 ribu per kilogram. Belum menentu harga bahan pokok sekarang," tukas Nansi. (tr-06/tan)

 

Kirim Komentar