21 Jun 2018 13:44

500 Personel Amankan Lebaran Ketupat

MyPassion

MANADO—Seminggu selepas hari raya Idul Fitri, umat Muslim Manado biasanya menggelar tradisi Hari Raya Ketupat atau Halal Bihalal. Halal Bihalal ini diprediksi lebih meriah di beberapa wilayah di Manado. Untuk itu, pengamanan kelangsungan Halal Bihalal ini menjadi atensi aparat keamanan. Kodim 1309/Manado dan Polresta Manado pun tak mau kebobolan dan bakal meningkatkan kualitas pengamanan.

 

Hal tersebut ditegaskan Dandim 1309/Manado Letkol Inf Arif Harianto. “Kita akan siapkan personel khusus untuk melaksanakan pengamanan tradisi yang disebutkan bakal meriah itu. Sekiranya ratusan personil Kodim bakal disiagakan,” sebutnya saat ditemui di Makodim.

Target dandim, perayaan Lebaran Ketupat dapat berjalan semeriah tahun-tahun sebelumnya. “Tentunya semua jajaran hingga koramil-koramil akan siaga dalam wilayah hukum yang ada. sekiranya kurang lebih 60 personel Kodim untuk amankan lebaran ketupat ini. Kiranya lebaran ketupat ini dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan nyaman,” pungkasnya, sembari menyebutkan jumlah personel bisa bertambah hingga 100-an anggota, sesuai situasi.

Hal serupa disampaikan Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara. Diungkapkannya, sesuai tradisi, Lebaran Ketupat di beberapa wilayah di Manado bakal meriah. Namun hal itu juga dapat berpotensi terjadinya tindak kriminalitas.

“Kita bakal antisipasi menjelang hari raya ketupat ini, karena memang rawan kriminalitasnya. Namun kita sudah sedia sekira satu pertiga kekuatan polres yaitu 396 personel dari 1.192 yang ada. Itu diharapkan dapat dengan maksimal melakukan pengamanan disamping Pos PAM yang memang masih berlaku hingga tanggal 24 nanti,” pungkas Kumara.(rgm/gnr)

Kirim Komentar