20 Jun 2018 13:53
MU Kalahkan Dua Raksasa Spanyol

Sepakbola adalah Skill dan Bisnis

MyPassion
Skuad Manchester United, Real Madrid dan Barcelona jadi klub paling berharga versi Majalah Forbes tahun 2018.(AFP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sepakbola Eropa sekarang bukan lagi soal menang, kalah, dan imbang. Tetapi juga merambat pada urusan-urusan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Diketahui, Majalah Forbes kembali merilis daftar tahunan tim sepakbola paling berharga di dunia. Untuk tahun kedua berturut-turut, Manchester United (MU), lagi-lagi menempati posisi paling atas.

Menurut Forbes, MU sukses memperkaya dirinya menjadi 4,12 miliar dolar tahun ini, meningkat dari 3,69 dollar tahun lalu. Real Madrid berada di urutan kedua dengan 4,09 miliar dolar. Sedangkan Barcelona harus puas ditempat ketiga dengan kekayaan senilai 4,06 miliar dollar.

Sementara Bayern Muenchen ada di peringkat keempat dengan kekayaan 3,06 miliar dolar. Kemudian rival sekota MU, Manchester City, jauh berada di peringkat kelima dengan kekayaan senilai 2,47 miliar dolar.

Forbes juga menyatakan, jika MU memiliki pendapatan hampir 2 kali lipat dari pendapatan klub sepakbola lain. Sementara 8 dari daftar 20 klub bola terkaya ini berasal dari Liga Inggris.(gnr)

Kirim Komentar