19 Jun 2018 12:32

Jamin Keselamatan, Nelayan di Boltim Dapat Kusuka

MyPassion
Erna Mokodongan

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk menjamin keselamatan para nelayan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim terus memberikan perlindungan kepada nelayan dalam berbagai bentuk.

Kadis Perikanan Erna Mokodongan mengatakan, bantuan yang diberikan bukan hanya bantuan fisik, tapi juga jaminan keselamatan. Bahkan tahun ini semua nelayan akan diberikan Kusuka (Kartu Kelompok Masyarakat Nelayan Pelaku Usaha Perikanan dan Kelauatan) sebanyak 1.100 kartu. "Sekarang kan baru kartu  asuransi. Jika kartu asuransi tersebut berakhir,  digantikan dengan kusuka," kata Mokodongan.

Menurut dia, kartu asuransi saat ini sebanyak 2.600 yang sudah dibagikan. Kartu itu dapat digunakan saat para nelayan terkena musibah atau hal lain yang tidak terduga. "Sebanyak 2.600 kartu asuransi sudah dibagikan kepada nelayan. Saat mereka sakit atau mengalami kecelakaan kartu itu bisa digunakan," katanya.

Dia menjelaskan, jika kartu asuransi tersebut merupakan program pemerintah yang dijalankan langsung oleh Dinas Perikanan Boltim. "Untuk kartu asuransi itu kewenangan Dinas Perikanan. Berbeda dengan kusuka yang sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat. Jadi akan ada penyuluh perikanan dari pusat yang akan turun langsung. Kami hanya mendampingi dan menyediakan data," jelasnya.

Dia pun memastikan sebentar lagi kartu asuransi akan berakhir. "Asuransi masa berlakunya akan berakhir.  Akan diganti dengan kusuka.  Namun keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama," dia meyakinkan.

Dia berharap, dengan adanya bantuan dan jaminan keselamatan yang terus diberikan kepada para nelayan, bisa membuat kelompok nelayan yang ada di Boltim semakin maju dan mendapatkan hasil tangkapan yang banyak. Sehingga bukan hanya memenuhi kebutuhan ikan di daerah tapi juga di daerah lain. "Nelayan harus hidup dengan sejahterah. Pemerintah akan terus membantu. Bantuan ini diberikan agar semua nelayan bisa bekerja dengan aman dan menghasilkan sesuatu yang baik, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk daerah," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar