14 Jun 2018 08:43

Waspadai Penyusup Saat Idul Fitri, Pengamanan di Minsel Ditingkatkan

MyPassion
Christiany Paruntu

MANADOPOSTONLINE.COM—Jelang lebaran, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu mengimbauan kepada seluruh aparatur pemerintah untuk meningkatkan pengamanan.

Bahkan, dia memerintahkan jajaran polisi sipil hingga pemerintah desa mendatangi warga pendatang kemudian dimintai identitas secara mendalam.

"Kita membantu tugas Polres Minsel dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat. Saya sudah ingatkan tetap dengan mengedepankan sopan santun," imbau Tetty, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, pendataan dilakukan guna menghindari masuknya teroris hingga penganut paham radikal yang bisa memecah belah. "Jangan semua fokus mempersiapkan lebaran baik yang muslim maupun non muslim yang ikut meramaikan kemudian kita lengah. Itu yang kita antisipasi," jelasnya.

Olehnya, masyarakat diimbau langsung melaporkan manakala ada tamu di kediamannya kepada aparat setempat 1x24 jam. Diketahui, sejumlah desa telah melakukan pemeriksaan kembali terhadap warga pendatang .

Salah satunya, Pemerintah Desa Radey, Kecamatan Tenga. Pendataan warga pendatang dilakukan mulai dari mes karyawan sampai dengan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan pegawai lokal dan asing. Hukum Tua (Kumtua) Desa Radey Hartje Ransulangi bekerja sama dengan kepolisian sektor Tenga, Sat Pol-PP dan TNI. Selain mengantisipasi teroris, pendataan, kata dia sekaligus memantau pekerja yang tidak memiliki identitas diri yang jelas.

“Adapun warga pendatang yang berhasil di data dan tidak memiliki identitas yang jelas yakni berasal dari Gorontalo, Kuandang dan Luwuk Banggai, semua bermukim di Desa Radey dan sudah diberikan pembinaan agar melengkapi berkas terkait identitas," tutupnya.(jen/ria)

Kirim Komentar