14 Jun 2018 10:27

Rumkit TNI RW Monginsidi Hadirkan Alat Mutakhir

MyPassion
Alat kesehatan Broncoscopy dan Edoscopy yang ada di Rumkit TNI RW Monginsidi.

MANADOPOSTONLINE.COM—Memberikan pelayanan yang terbaik bagi anggota TNI, PNS dan masyarakat adalah salah satu tujuan Rumah Sakit (Rumkit) TNI RW Mongisidi Manado. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya berbagai macam peralatan terbaru dan termutakhir seperti Broncoscopy, Edoscopy dan C-arm.

Diketahui, alat Broncoscopy memungkinkan untuk menilai suatu kelainan atau penyakit mulai dari tenggorokan, saluran napas hingga ke bagian paling kecil dari paru. Alat ini menggunakan kamera khusus dan serat optik. “Kita bisa melihat dengan jelas saluran pernapasan hingga ke-paru-paru tanpa melalui pembedahan,” ujarnya.

Sedangkan untuk Edoscopy adalah alat canggih berupa kamera dan serat optik yang memungkinkan melihat saluran percernaan. Khususnya untuk kelainan di dalam rongga usus atau perut. Pada beberapa kasus bisa sekaligus untuk melakukan tindakan pembedahan tanpa harus membuka rongga perut seperti oprasi besar pada umumnya.

C-arm merupakan alat radiologi yang lasim digunakan pada saat oprasi. Baik itu operasi bedah tulang, bedah saraf maupun tatalaksana interfensi nyeri yang banyak dilakukan di Rumkit TNI. Dengan C-arm memungkinkan pemasangan implant maupun identifikasi terhadap struktur penting tubuh pada saat menjalani tindakan pembedahan.

Kepala Rumkit (Karumkit) Letkol CKM dr F Alvian Amu SpP MARS mengatakan, dengan alat-alat baru itu diharapkan bisa membantu masyarakat Manado dan sekitarnya. "Alat-alat tersebut telah tersedia, jadi bagi siapa saja yang membutuhkan perawatan tersebut dapat langsung ke Rumkit," ungkapnya.

Karumkit yang juga sekaligus dokter spesialis paru ini menekankan, penggunaan alat Broncoscopy bisa mencapai saluran nafas, sampai percabangan saluran nafas kecil di dalam paru-paru. "Dipastikan dengan alat ini hampir semua kelainan yang ada di dalam paru-paru bisa terdeteksi," pungkasnya.(ctr-01/can)

Kirim Komentar