14 Jun 2018 14:34

Pertemuan Mendadak Militer Korut dan Korsel

MyPassion
Para pejabat militer Korea Utara dan Korea Selatan melakukan pertemuan mendadakdi desa Panmunjom pada Kamis, 14 Juni 2018 (AP/Yonhap)

MANADOPOSTONLINE.COM—Hari ini, para pejabat militer Korea Utara dan Korea Selatan melakukan pertemuan mendadak di desa Panmunjom, tidak jauh dari Zona Demiliterisasi.

Beberapa analis menduga pertemuan itu merupakan desakan Pyongyang, untuk meminta kejelasan tentang kapan Seoul akan menghentikan latihan militer bersama dengan Negeri Paman Sam.

Dikutip dari Time.com pada Kamis (14/6/2018), Presiden Donald Trump sempat melontarkan pernyataan bahwa sekutu harus menghentikan "permainan perang" selama negosiasi nuklir dalam "itikad baik". Pernyataan itu disampaikan dalam sebuah konferensi pers yang digelar sesaat setelah bertemu dengan Kim Jong-un di Singapura, Selasa, 12 Juni 2018. 

Menanggapi keputusan mengejutkan itu, Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengaku mencoba memahami makna yang disampaikan oleh Presiden Trump, selain juga mengimbau sekutu untuk "memfasilitasi lebih lanjut" dialog dengan Korea Utara. (liputan6.com/mpo)

Kirim Komentar