14 Jun 2018 08:56

Panwas Minut Tertibkan APK Liar

MyPassion
Simon Awuy

MANADOPOSTONLINE.COM—Alat peraga kampaye (APK) di sepanjang Jalan Bay Pass Manado-Bitung dan  seputaran Jalan Soekarno, ditertibkan.

Kordinator Divisi Pencegahan  Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Minahasa Utara Joyke Sigar mengatakan, penindakan ini dilaksanakan kurang lebih satu minggu. "Untuk penindakan kabupaten hari ini (kemarin, red) tapi untuk kecamatan dan desa kurang lebih seminggu. Jadi rencana kami akan menindak dan meninjau lokasi sebanyak lima titik," ujarnya.

Lokasi tersebut, yakni simpang empat Jalan Soekarno, simpang empat Airmadidi, Likupang, arah Paniki dan simpang empat Kauditan. “Itu yang menjadi titik fokus dari Panwaslu untuk pemantauan dan penindakan,” kata Sigar.

Kordinator Divisi Hukum dan Pelanggaran-Pelanggaran yang juga merupakan Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Utara Simon Awuy SH mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu penertiban APK. "Kami sudah melakukan pencegahan dengan mengirimkan surat kepada pimpinan partai politik sebanyak tiga kali," ungkapnya.

Selain meyurat pihaknya juga dalam setiap sosialisasi meyampaikan secara lisan bahwa partai politik yang telah ditetapkan sebagai pemilu wajib menaati peraturan pemilu. “Dalam hal ini terkait jadwal kampaye,” tukasnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Theodore Lumingkewas mengatakan, sesuai surat Panwas yang disampaikan ke Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, pihaknya selalu bersedia membantu. "Jadi tadi dalam penertiban  tersebut kurang lebih 15 orang yang diturunkan dan kendaraan operasional sebanyak empat unit untuk membantu kelancaran penertiban APK," tukasnya.(tr-04/tan)

Kirim Komentar