14 Jun 2018 10:19

Malam Takbiran Dikawal Ketat, Pasukan Polresta-Kodim Manado Kolaborasi

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Hari raya Idul Fitri selalu ramai digelar di Manado. Salah satu tradisi yang tak bisa dilewatkan ialah pawai malam Takbiran. Iring-iringan takbiran merupakan tanda ungkapan kemenangan umat Islam setelah sebulan berpuasa. Malam takbiran jika tak ada perubahan, dijadwalkan akan digelar, Kamis (14/6) mulai pukul 17.00 Wita.

Untuk itu, keamanan dan kondusifnya pelaksanaan perayaan diharapkan perlu diperhatikan warga masyarakat yang merayakan. Hal tersebut disampaikan Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara dan Dandim 1309/Manado Letkol Inf Arif Harianto.

“Rute dan waktu digelarnya takbiran sudah ditentukan. Jadi masyarakat yang merayakan diharapkan mengikuti arahan dengan kondusif,” sebut Kapolresta Manado FX Surya Kumara.

Diketahui, rute pawai malam takbiran dimulai dari Kantor Gubernur Sulut sekira pukul 17.00 wita. Kemudian mengarah ke arah jalan Rike hingga Patung Sam Ratulangi. Dilanjutkan melewati jalan Bethesda, masuk ke Boulevard dan finish di depan Mega Mas.

“Kemudian setelah takbir keliling itu, diharapkan kepada semua masyarakat untuk langsung balik ke tempat masing-masing. Tidak ada yang muter-muter sendiri ataupun mengambil jalur lain,” tegas Kapolresta.

Senada disampaikan, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Arif Harianto. Dia menghimbau masyarakat untuk mempedomani arahan yang ada. “Bekerja sama dengan Polresta Manado, kita akan mengarahkan masyarakat untuk mengikuti rute yang telah ditentukan. Pastinya, kita akan ikut kawal pelaksanaan takbiran besok hingga selesai dengan baik. Namun kita imbau masyarakat untuk menertibkan dan menjaga diri sendiri. Taati petugas yang mengatur di jalan dengan tertib,” pungkasnya.

Dalam perayaan malam takbiran nanti akan diamankan personil gabungan. Sekitar 600-an personil terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.(***)

Kirim Komentar