14 Jun 2018 09:39

Kerajinan Tangan Angkat Potensi Kotamobagu

MyPassion
Usaha kerajinan tangan di Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Timur. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kerajinan tangan yang dikelolah Elvira Neliputong (52), warga Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Timur, terbilang unik. Beragam bentuk kerajian tangan mulai dari tampa, tudung saji hingga kursi yang terbuat dari rotan menghiasi lapak depan rumahnya di Jalan Diponegoro.

Menurut perempuan dua anak ini, kerajinan yang ia lakoni ini sudah berdiri sejak 30 tahun lalu. Beragam kerajinan produk Kotamobagu juga dijual di lapaknya. 

Ia menuturkan, produk kerajianan tersebut sudah meramba pasaran luar Kotamobagu. "Di Kotamobagu hanya ada di sini satu-satunya kerajinan yang dijual, sehingga dari luar pun berbondong-bondong datang membeli, apalagi menjelang lebaran banyak permintaan," tuturnya.

Dari hasil penjualan kerajinan ini, dirinya mampu menyekolahkan anak-anaknya meski sejak lama mendiang suaminya meninggal dunia. 

"Harganya mulai dari 10 ribu rupiah hingga enam juta rupiah. Perbulannya bisa menghasilkan 3 hingga 5 juta rupiah. Yah, alhamdulillah dari hasil penjualan ini, saya bisa menyekolahkan kedua anak saya sampai perguruan tinggi meski lama sudah suami saya meninggal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty mengatakan, pemerintah terus mendorong produk-produk unggulan yang ada di Kotamobagu sebagai salah satu ikon. Menurutnya, hal tersebut dapat menyedot wisatawan lokal maupun luar untuk berkunjung ke Kotamobagu. 

"Dengan adanya produk-produk seperti ini pastinya mampu menyedot wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke daerah yang kita cintai ini," pungkasnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar