14 Jun 2018 09:58
Belum Ada Kebijakan Pengangkatan

Ingin Jadi PNS, Honorer di Lingkungan Pemprov Sulut Harus Seleksi

MyPassion
Femmy Suluh

MANADOPOSTONLINE.COM—Honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) yang ingin menjadi PNS jangan berharap diangkat. Pasalnya, pengangkatan PNS belum ada. Untuk tahun ini, jika honorer ingin jadi PNS harus ikut seleksi reguler bersama calon lain. Hal ini dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Femmy Suluh, Rabu (13/6).

Menurutnya, hingga kemarin, tidak ada instruksi pengangkatan honorer dari pusat. Semua harus melalui sistem seleksi.

"Kita belum menerima instruksi dari pemerintah pusat, ataupun pimpinan daerah terkait pengangkatan honorer. Memang di pengusulan kebutuhan CPNS didominasi guru, namun bukan berarti honorer guru langsung diangkat. Semua harus melalui seleksi. Jadi memang masih terbuka untuk umum," urainya.

Dirinya juga mengatakan, dalam perjanjian kontrak dengan honorer tertera bahwa mereka tidak bisa berharap diangkat jadi PNS.

Menurutnya, jika honorer berkeras ingin pengangkatan maka harus menunggu. "Juknis untuk formasi saja kita belum menerima. Jadi memang sampai sekarang tidak ada instruksi pengangkatan honorer. Jadi, jika ingin menjadi PNS dengan diangkat, silahkan menunggu. Kalau sekarang, peluang masih untuk umum. Tidak ada yang khusus. Jadi 1900-an guru non PNS yang ada memang harus bersabar," bebernya.

Sekretaris BKD Sulut Flora Krisen mengatakan, prioritas yang akan direkrut sesuai usulan yaitu tenaga kesehatan sebanyak 39 orang, guru 639, dan teknis 203.

"Ini terbuka untuk umum. Jadi semua harus ikut seleksi. Siapa yang lolos dia yang diterima jadi PNS. Jumlah kebutuhan ini juga belum pasti, nantinya masih akan ditetapkan pusat. Sampai sekarang juknis tentang pengangkatan ataupun prioritas untuk guru honorer juga belum ada," urainya.

Dia menambahkan, rekrutmen CPNS kali ini dipastikan bebas permainan. Karena semua terbaca sistem komputer.

“Jadi memang hasil nantinya adalah murni dari peserta tersebut. Tidak akan ada yang bisa bermain nakal. Jadi siapa yang mau jadi PNS tentunya harus memenuhi kriteria yang dicari. Namun kita juga hanya menerima sesuai dengan kebutuhan kita," tandasnya.(tr-02/can)

Kirim Komentar