14 Jun 2018 12:28

Gara-gara Pria Ini, Kim Jong Un Sempat Batalkan KTT AS-Korut

MyPassion
Kim sempat batalkan KTT AS-Korut di Singapura (Reuters)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un terlihat berinteraksi dengan penasehat gedung putih yang sering menjadi musuh bebuyutan sebelum pertemuan di Singapura, yakni John Bolton. Seperti dilansir The Chosun Ilbo pada Rabu, (13/6), Kim tampak memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Penasehat Keamanan Presiden AS Donald Trump, John Bolton di Hotel Capella selama sekitar 10 menit.

Sebelum pertemuan tersebut, Bolton adalah salah satu orang yang paling bertanggung jawab atas banyaknya retorika agresif yang berasal dari Gedung Putih menjelang Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) AS-Korut.

Salah satu komentar Bolton adalah memperlakukan Korut seperti Libya yang bisa digunakan untuk perlucutan senjata di Korut. Komentar Bolton tersebut sempat membuat Kim meradang hingga ia membatalkan KTT.

Kim dan Bolton tertangkap kamera sedang mengobrol setelah makan siang itu. Mereka berseliweran di pintu masuk Hotel Capella selama sekitar 10 menit setelah Trump dan Kim berjalan-jalan di halaman hotel.

Bolton juga duduk di seberang Kim dalam pertemuan pagi hari dan pada makan siang. Tepat sebelum KTT, media AS melaporkan, Bolton telah mencoba untuk memperngaruhi Trump dengan tuntutan untuk serah terima senjata total tanpa syarat dari Korut. (jpc/mpo)

Kirim Komentar