14 Jun 2018 09:48

Arus Mudik H-1, Penumpang di Kotamobagu Turun 50% Dibanding 2017

MyPassion
Aktivitas di Terminal Serasi Kotamobagu meningkat sejak Minggu (10/6) lalu. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Arus mudik di Terminal Serasi Kota Kotamobagu mulai mengalami peningkatan sebesar 40 persen sejak H-4 atau pada Minggu (10/06). Puncak arus mudik diprediksikan bakal naik hingga H-1 lebaran. 

"H-4 sudah mulai ada peningkatan arus mudik sebesar 40 persen, sama seperti tahun lalu diperkirakan terus mengalami peningkatan hingga H-1 lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu Nasli Paputungan.

Kepala Terminal Serasi Ibrahim Rantung, mencontohkan, arus mudik dari Terminal Serasi menuju Terminal Pusian Bolmong biasanya sekitar 175 penumpang perharinya, naik sebanyak 300 penumpang. 

"Jumlah trayek di Terminal Serasi ada 8 trayek, yaitu ke terminal Doloduo, Mopuya, Pinilosian Bolsel, Tompaso Baru Minsel, Tanoyan, Bumbungon, dan Terminal Pusian. Jika pada hari biasa, contohnya trayek menuju Terminal Pusian sebanyak 175 hingga 200 penumpang, maka sekarang ada peningkatan hingga 300 penumpang," jelasnya, Rabu (13/6).

Namun kata dia, jika dibandingkan dengan tahun lalu, arus mudik tahun ini berkurang. Hal itu biasanya disebabkan karena sudah jarang masyarakat menggunakan angkutan umum sebagai alat trasportasi mudik. 

"Ya, tahun ini berkurang dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 50 persen. Biasanya disebabkan karena kebanyakan masyarakat sudah memiliki kendaraan pribadi. Baik yang sudah punya motor, mobil dan lainnya sehingga mereka tidak lagi menggunakan angkutan umun sebagai alat trasportasi mudik," pungkasnya. (tr-06/tan)

 

Kirim Komentar