14 Jun 2018 10:35

5.000 Bibit Cengkih Dongkrat Ekonomi Petani di Boltim

MyPassion
Maxwil Tempone

MANADOPOSTONLINE.COM—Petani di Desa Jiko Utara mendapatkan bantuan pemberdayaan berupa bibit cengkih, untuk mendongkrat ekonomi petani. "Ada 5.000 bibit cengkih yang sudah dibagikan kepada semua petani. Masing-masing jumlahnya berbeda. Sesuai dengan luas lahan," ungkap Sangadi Desa Jiko Utara Maxwil Tempone, saat ditemui di rumahnya, kemarin.

Dia mengatakan, bantuan tersebut menggunakan Dana Desa (Dandes) tahap satu, sebesar Rp 81 juta. "Bantuan itu menggunakan Dandes tahap satu. Bibit sudah didistribusikan kepada semua petani pekan lalu. Setiap petani ada yang mendapatkan 200  bibit. Ada juga yang mendapatkan 100 bibit," katanya.

Dia pun menjelaskan, alasannya menggunakan sebagian Dandes untuk pengadaan bibit cengkih. Menurut dia, masyarakat Boltim terkenal dengan komuditas unggulan. Salah satunya cengkih. “Peluang itulah yang coba dimaksimalkannya agar semua petani yang ada di Desa Jiko Utara bisa memberdayakan bibit cengkih yang diberikan, agar nantinya bisa mendorong perekonomian desa,” ungkapnya.

Lanjutnya, selama ini banyak petani yang hanya bekerja di kebun milik orang lain. Sehingga melalui Dandes ini dirinya ingin memberdayakan para petani yang ada dengan memberikan bantuan bibit cengkih, agar mereka bisa menanam, merawat dan memiliki kebun cengkih sendiri. “Nantinya akan bermanfaat untuk para petani dan juga untuk desa," jelasnya.

Dia berharap, bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik. Karena proses pembuahan cengkih kan lima tahun. “Saya harap para petani bisa terus konsisten merawat dan memberdayakan bibit cengkih agar terus tumbuh dan bermanfaat di kemudian hari," tutupnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar