13 Jun 2018 12:29

Warga Sulit Dapatkan Air Bersih, Pemkab Boltim Bantu 3 Miliar

MyPassion
Masyarakat rela menempuh perjalanan yang jauh hanya untuk mengambil air bersih, dari mata air.

MANADOPOSTONLINE.COM—Masyarakat Desa Bai di Kabupaten Boltim kesulitan mendapatkan air bersih. Pantauan Manado Post,  masyarakat yang ada di desa tersebut, rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya. "Di sini susah air. Apalagi musim kemarau. Untuk keperluan memasak, mencuci, mandi  bahkan untuk minum pun kami kesulitan," ungkap Rusdin, salah satu warga yang ditemui saat mau mengambil air.

Dia mengatakan, kesulitan air sudah dialami dalam waktu yang lama. Karena sampai saat ini masih belum ada tempat atau alat yang bisa membuat mata air. "Kalau mau buat sumur bor itu biayanya cukup mahal dan prosesnya cukup lama. Kami berharap pemerintah bisa memperhatikan kondisi kami yang ada di Desa Bai," dia berharap.

Dia menceritakan, dirinya setiap hari rela membawa tiga galon besar untuk tempat menampung air. "Saya rumahnya di gunung. Setiap hari harus turun untuk mengambil air menggunakan motor. Semoga bantuan dari pemerintah bisa segera dirasakan oleh masyarakat yang ada di Bai," ujarnya.

Sementara itu, Sangadi Bai Hamdi Lamaluta memastikan, tahun ini desa tersebut mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 miliar untuk pembuatan proyek air bersih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim. "Alahmdullilah desa ini mendapatkan bantuan Rp 3 miliar. Proses lelang proyek sudah selesai. Akan dikerjakan setelah lebaran nanti," katanya.

Dia berharap, proyek air bersih tersebut akan segera dilakukan, sehingga masyarakat Bai bisa segera merasakan keberadaan air bersih. "Bantuan tersebut diberikan Pemkab karena kami mengajukan proposal. Sengaja tidak menggunakan Dana Desa (Dandes), karena Dandes anggarannya hanya sedikit. Semoga bisa segera terlaksana dengan baik," tukasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar