13 Jun 2018 11:48

Satpol PP Segel 5 Kios di Pasar Beriman Tomohon

MyPassion
Salah satu kios di Pasar Beriman yang disegel Satpol PP karena tak kunjung membayar iuran.(Dok Satpol PP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak lima kios disegel Satpol PP karena belum melakukan pelunasan iuran retribusi. Kelima kios yang disegel ini adalah awal dari proses penyegelan kios menunggak yang berjumlah 16 dari total 63 kios yang ada di pasar. “Ini sudah peringatan ke tiga, malah ada yang lain sudah lebih. Kami segel, nanti berurusan dengan pihak pengelola setelah kewajibannya selesai baru bisa berjualan lagi,” ungkap Kasat Pol PP Kota Tomohon AKBP Nico Pangemanan.

Lanjut Pangemanan, upaya penertiban awalnya berjalan alot. Namun, berkat upaya persuasif dan pendekatan secara kekeluargaan. Penyegelan bisa berjalan sesuai rencana.  “Dari total 63 kios yang tersebar di tujuh blok. Ada kurang lebih 15 belas yang menunggak. Kita menyegel lima dulu, nanti berkembang bisa berlanjut. Tergantung pemilik kios,” tukasnya.

Terpisah, Direktur PD Pasar James Rotikan membenarkan adanya tunggakan disejumlah kios yang ada di pasar ekstrim tersebut. “Sudah kita lakukan penagihan, tapi selalu saja berkelit dengan berbagai alasan. Kita tidak punya pilihan lain, selain berkoordinasi dengan Satpol-PP. Sementara waktu ditertibkan,” kata dia.

Meski begitu, pihaknya tak menutup kemungkinan bagi pemilik kios yang ingin membuka kembali usahanya. “Dengan catatan, harus melunasi semua tunggakan. Lebih bagus lagi, kalau yang sudah masuk kategori banyak, investasi satu atau dua bulan. Toh, iuran ini untuk peningkatan kualitas sarana pendukung di pasar,” pungkasnya.(jul/fgn)

Kirim Komentar