13 Jun 2018 15:34

Petani Sangihe Dibekali Alat Pertanian Canggih

MyPassion
Sonny Kapal

MANADOPOSTONLINE.COM—Di tahun 2018 ini, petani di Kabupaten Kepulauan Sangihe menerima dua alat pertanian canggih dari Kementerian Pertanian RI. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian melalui Sekretaris Ir Sonny Kapal.

Dikatakannya, bantuan alat canggih tersebut berupa satu unit traktor dan satu unit transplanter seharga Rp 200 juta satu alat. Dijelaskannya, itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI tahun 2017 lalu dan baru ada di Sangihe Maret 2018.

"Bantuan alat pertanian transplanter sebagai penanam benih dan pupuk. Sedangkan traktor untuk membongkar lahan. Alat ini sudah 8 unit di Sangihe," bebernya.

Lanjut Kapal, dengan alat ini petani di Sangihe tak perlu susah lagi mengeluarkan tenaga untuk mencangkul dan menanam bibit jagung.

"Jadi tinggal membawa alat seperti mobil, semua dapat terselesaikan," kata Kapal. Dia juga menambahkan, pengadaan alat pertanian tersebut membantu program pemkab. "Alat ini untuk menanam jagung pada lahan 20 ribu hektar yang tersebar di 15 kecamatan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE ME mengatakan hadirnya teknologi canggih diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja dari petani.

"Teknologi canggih ini harus diseimbangkan dengan semangat masyarakat dalam bertani sehingga tidak berlomba-lomba menjadi honorer," beber orang nomor satu di Sangihe ini. Dia juga mengimbau masyarakat berpikir selayaknya seorang pebisnis yang mampu melihat peluang yang menguntungkan terlebih kaum muda. "Pemuda menjadi pelopor membangun daerah di bidang pertanian dan mampu membaca bisnis apa yang harus dikembangkan, sehingga pendapatan bertambah, angka kemiskinan berkurang," tutup bupati.(wan/gel)

Kirim Komentar