13 Jun 2018 12:00

Pencairan Segera Dilakukan, 274 Mahasiswa Terima Bantuan Studi dari Pemkab Sangihe

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 274 mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe.

Kepala Bagian Kesra Setkab Sangihe Drs R E Karlos ketika dikonfirmasi mengungkapkan, bantuan pendidikan dari pemerintah diperuntukkan bagi mahasiswa semester akhir berlatar belakang kurang mampu dan sementara menyelesaikan studi akhir. 

“Berdasarkan data ada 274 orang mahasiswa yang akan menerima bantuan pendidikan dengan anggaran 691 juta (lihat grafis),” ujarnya.

Lanjut Karlos, nama-nama penerima bantuan sudah dimasukkan di Bidang Anggaran. Prosedurnya, mahasiswa mendapatkan bantuan pendidikan yaitu, permohonan dalam bentuk proposal dengan melampirkan SK aktif kuliah, SK kurang mampu dari lurah atau kapitalaung, foto copy kartu mahasiswa, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sangihe dan transkrip nilai. 

“Setelah berkasnya sudah lengkap dan memenuhi syarat maka akan diproses sebagai calon penerima. Saat ini nama yang sudah di SK harus memasukkan nomor rekening juga KTP. Mengingat saat ini prosedur pembayaran menggunakan sistem non tunai," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Anggaran Hapendatu SPd mengatakan, data penerima bantuan penyelesaian studi akhir yang diusulkan Bagian Kesra sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. 

"Data jumlah penerima bantuan beserta anggaran yang telah diberikan di Bagian Kesra. Prosedur pencairannya lewat Bidang Perbendaharaan," kata Hapendatu.

Sementara itu, Bendahara Umum Bantuan Pornika Horomaeng menuturkan, jika SK dari Kesra sudah ada maka pencairan dana bantuan pendidikan akan dilakukan secepatnya. 

"Nanti akan masuk di rekening masing-masing mahasiswa," tutupnya.(wan/gel)

Kirim Komentar