13 Jun 2018 10:50
Manfaatkan Bunga Ringan

Pembiayaan Mikro Genjot Perekonomian Daerah

MyPassion
Sulaimansyah

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembiayaan ultra mikro atau (UMI) harus bisa menggerakan perekonomian daerah. Pasalnya, pembiayaan dengan bunga kredit yang sangar ringan ini harus bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Kantor Willayah Ditjen Perbendaharaan Sulut Sulaimansyah mengatakan, program ini merupakan program bantuan pemerintah dalam skema pembiayaan yang dianggarkan bagi para pelaku usaha kecil. “Selama ini kan para pelaku tersebut tidak terlayani program Kredit Usaha Rakyat (KUR), itu yang berusaha kami jangkau,” ungkap Sulaimansyah.

Dia menambahkan, pembiayaan ini dijalankan seiring pengembangan pembiayaan usaha ultra mikro di daerah. "Pembiayaan ultra mikro diharapkan mampu menjadi fondasi bagi kemandirian ekonomi masyarakat,” ujarnya. Untuk menjangkau target usaha ultra mikro, diberikan kemudahan pemberian kredit untuk masyarakat yang memenuhi syarat. “Pembiayaan ini hanya butuh Nomor Induk Kependudukan (NIK), keterangan memiliki usaha dan harus tidak punya hutang pada lembaga keuangan,” jelasnya.

Dengan bunga kredit yang disalurkan berkisar dua hingga empat persen, jauh di bawah bunga KUR. Dia berharap, pelaku usaha yang memperoleh kredit ultra mikro dapat mengembangkan usahanya. “Dengan demikian ke depan lebih layak untuk mendapat bantuan melalui KUR yang memiliki plafon pinjaman lebih besar,” tandasnya.

Sementara, Ekonom Sulut Prof David Saerang menilai, hal ini bisa berdampak positif terhadap ekonomi. “Akan menjadi lebih baik lagi apabila tepat guna, sehingga usaha masyarakat menjadi lebih baik, sudah ada kredit ultra dan KUR. Saya rasa perlu dimaksimalkan UMKM kita,” singkat akademisi Unsrat ini.(tr-05/fgn)

Kirim Komentar