13 Jun 2018 13:14

PNS Sulut Tak Boleh Cuti Tahunan

MyPassion
Femmy Suluh

MANADOPOSTONLINE.COM—Pasca libur cuti bersama lebaran pada 20 Juni nanti, maka Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak bisa melanjutkan dengan cuti tahunan. Hal ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Femmy Suluh, belum lama ini.

"Jadi memang sesuai surat edaran Menteri PAN-RB nomor B/21/M.KT.02/2018 dijelaskan, pimpinan instansi pemerintahan diimbau tidak memberikan cuti tahunan, sebelum dan sesudah cuti bersama kepada PNS di instansinya," katanya.

Namun, menurut Suluh, cuti tahunan bisa diberikan kepada PNS jika ada alasan sangat penting. Sedangkan bagi PNS yang tidak dapat melaksanakan cuti bersama karena tugasnya. Seperti pegawai rumah sakit, petugas imigrasi, bea cukai, lembaga pemasyarakatan, maka dapat diberikan tambahan cuti tahunan sejumlah cuti bersama.

"Ketentuannya memang tidak boleh jika setelah cuti bersama langsung menambah dengan cuti tahunan. Namun itu bisa diperbolehkan, jika PNS tersebut mengambil cuti dengan alasan sangat penting. Kan kita juga tidak bisa melarang jika ada urusan yang sangat penting. Jadi itu bisa diperbolehkan sesuai edaran," tuturnya.

Usai cuti bersama, menurut Suluh, seluruh aktivitas instansi pemerintahan harus berjalan normal. Apalagi instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik.

Terpisah, pengamat pemerintahan Dr Stefanus Sampe mengatakan, memang seharusnya tidak ada tambahan cuti setelah libur panjang lebaran. Karena menurutnya, banyak pekerjaan sudah tertunda dan mendesak diselesaikan. Karena itu, dia berharap, pimpinan daerah harus mendukung dengan memberikan warning bagi PNS di 15 kabupaten/kota.

"Sekarang ini kan pelayanan sedang tertunda. Membayar pajak saja sedang ditutup. Jadi kalau ada tambahan libur, apalagi di instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik saya rasa roda pemerintahan akan semakin lumpuh. Urusan pemerintahan apalagi pelayanan kepada masyarakat hakikatnya tidak boleh mati. Jadi kebijakan menteri ini sangat baik dan perlu didukung," ungkapnya.(tr-02/can)

Kirim Komentar