13 Jun 2018 16:30

Ormas Kotamobagu Kecipratan 1,2 Miliar

MyPassion
Helfrits Lahimade

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahun ini, 20 organisasi masyarakat (ormas), organisasi kepemudaan, dan lembaga swadaya masyarakat, menerima dana hibah sebesar Rp 1,2 miliar.

"Pada 2017 kami melangokasikan dana hibah sebesar Rp 1,669 miliar kepada organisasi yang terdaftar di Kesbangpol. Sementara pada 2018 ini kami juga telah menyediakan hibah sebesar Rp 1,224 miliar," ungkap Kepala Badan Pengelolahan Keuangan Daerah Inon Makalalag (BPKD), melalui Bidang Anggaran Helfrits Lahimade.

Dikatakannya, organisasi yang memasukkan proposal permintaan bantuan dana hibah harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada terutama harus terdaftar di Badan Kesbangpol. 

"Mereka yang memasukkan proposal pastinya kami akan lakukan verikasi kembali tentang kelengkapan berkasnya. Untuk tahun ini kami sudah salurkan bantuan dana hibah tersebut bagi organisasi yang belum mendapatkan bantuan pada 2017 lalu, karena bantuanya tidak hanya organisasi itu saja melainkan ada berganti setiap tahunnya," tukasnya.

Sementara itu, Badan Kesbangpol mencatat, sekira 75 organisasi terdaftar di Kotamobagu. Ormas sebanyak 39, Organisasi Kepemudaan 27, serta LSM sembilan. 

Kepala Badan Kesbangpol Irianto Mokoginta melalui Sekertaris Hendra Makalalag mengatakan, 75 organisasi itu sudah terdaftar sejak 2013 lalu. 

"Organisasi tersebut sudah terdaftar sejak 2013. Namun, mereka harus mengurus kembali Surat Keterangan Terdaftar (SKT) setiap tahunnya," ungkapnya.

Kata dia, perlu adanya pengurusan kembali terkait SKT untuk memverifikasi keanggotaan dan struktur manajemen organisasi tersebut. 

"Jadi mereka harus urus kembali SKT-nya, karena ada juga irganisasi yang terdaftar namun anggotanya hanya satu atau dua saja. Nah, itu perlu kami verifikasi untuk kemudian diperbaiki kembali," katanya.

Dia mengimbau, untuk organisasi yang belum mengurus SKT untuk segera melakukan pengurusan tersebut, mengingat bakal ada bantuan dana hibah dari pemerintah bagi organisasi yang tentunya sudah mempunyai legalitas.

"Bantuan dana hibah bagi organisasi itu ada, tentunya bagi organisasi yang sudah melakukan pengurusan SKT tersebut. Untuk itu kami mengimbau bagi organisasi yang belum mengurus SKT agar segera melakukan pengurusan," tukasnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar