13 Jun 2018 11:20

Meski Libur RS, Puskesmas dan Damkar di Bitung Tetap Melayani Masyarakat

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Tak semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Pemkot menikmati cuti bersama Idul Fitri 1439 H. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bitung Franky Ladi, poin ketiga dalam Keputusan Presiden RI Nomor 13 Tahun 2018 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil tahun 2018 menyatakan, PNS yang melaksanakan tugas bersifat pelayanan kepada masyarakat, tetap melaksanakan tugasnya.

“Jadi tak semua bisa cuti. Ada beberapa perangkat daerah yang tetap masuk kantor memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti rumah sakit, puskesmas dan pemadam kebaran (damkar),” jelas Ladi, Selasa (12/6) kemarin ketika dihubungi koran ini.

Namun demikian kata dia, di poin keempat dalam surat itu menyatakan, PNS sebagaimana dimaksud pada diktum ketiga diberikan tambahan jumlah cuti tahunan sebagai kompensasi atas jumlah cuti bersama yang tidak digunakan. “Jadi ada dispensasi bagi mereka yang tetap menjalankan tugas selama cuti bersama," bebernya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung Franky Soriton. Dikatakannya meskipun libur, pelayanan Puskesmas di dalam gedung, mobile clinic, Posyandu dan Pos Pam Mudik lebaran tetap berjalan.

"Ini sudah menjadi tanggung jawab pegawai. Selama libur pelayanan rumah sakit, puskesmas, dan bahkan posyandu tetap kita aktifkan. Pastinya selama cuti bersama tetap ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan," ucap Soriton.

Tetap kata dia, jam operasioanl puskesmas lebih sedikit. Hanya dibuka pukul 09.00 sampai 13.00 Wita. "Jam operasional tidak full seperti biasanya. Itu berlaku untuk Puskesmas, Posyandu, dan mobile clinic. Kalau rumah sakit dipastikan tetap standby 1×24 jam," tandasnya.(tr-03/tan)

Kirim Komentar