13 Jun 2018 15:26

Harga Bapok di Sitaro Naik

MyPassion
Fatmawati Kalebos

MANADOPOSTONLINE.COM—Menjelang perayaan Idul Fitri sejumlah bahan pokok, khususnya yang dibutuhkan di dapur naik. Di antaranya bawang, cabai, dan tomat. Bawang merah dari Rp 50 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 60 ribu. Begitu pun tomat. Dari Rp 18 ribu per kilogram, sudah Rp 20 ribu.

Saat diwawancarai, salah satu pedagang Pasar Ampera Ulu Cani Kasim mengatakan, ada bahan dapur yang harganya turun. Yakni bawang putih yang harga jualnya Rp 60 ribu dari sebelumnya Rp 40 ribu. Ia mengakui, para pedagang sekarang cukup kesulitan dengan pasokan batang bawang. "Sehingga beberapa hari ini batang sulit ditemui di pasaran. Namun kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemasok," tandasnya. 

Kadis Perindag Sitaro Fatmawati Kalebos mengungkapkan, khusus ketersediaan beras, minyak goreng, dan gula pihaknya memastikan stok masih mencukupi. "Kita juga terus mengadakan pasar murah untuk mengantisipasi lonjakan sembako. Namun tetap ada yang tidak tercover, seperti bahan dapur," ucapnya. Di sisi lain lanjut Kalebos, kenaikan harga bahan dapur tersebut, hal yang sering terjadi menjelang perayaan Idul Fitri. "Sebab kebutuhan melonjak drastis. Apalagi kabupaten kepulauan seperti Sitaro, selalu mengandalkan stok dari luar daerah," katanya.(drp/gel)

Kirim Komentar