13 Jun 2018 15:43

E-Katalog Obat Sangihe Sedot 3 Miliar

MyPassion
P Kalendesang

MANADOPOSTONLINE.COM—Di tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe melalui Dinas Kesehatan menganggarkan Rp 3 miliar untuk e-katalog obat. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan P L Kalendesang. Dikatakannya, anggaran tersebut meningkat dibandingkan 2017 lalu yang berkisar Rp 2,9 miliar.  "Sudah ada regulasi yang mengatur pengadaan obat pada fasilitas kesehatan milik pemerintah yang menggunakan dana bersumber APBN maupun APBD. Jadi e-katalog ini tidak melalui proses tender karena merupakan pemesanan obat secara online. Tahun 2018 ini anggarannya di Sangihe meningkat dibanding 2017 lalu," jelas Kalendesang.

Dia membeberkan, 2017 lalu capaian pengadaan obat 75 persen. Dilihat dari sisi kuantitas lumayan baik sedangkan dari kualitas tidak terpenuhi karena banyak jenis obat yang tidak terpenuhi distributor atau pabrik. 2018 ini akan diubah pola. Jika tahun lalu diberikan waktu 180 hari terhadap penyedia supaya mereka dapat memenuhi obat di kabupaten Sangihe, tahun ini 90 hari.

"Tujuannya supaya jika e-katalog tidak tersedia maka ada cara lain memenuhi kekurangan. Agar waktu tidak habis di satu tempat saja. Kita boleh membeli secara offline," tutupnya.(s

Kirim Komentar