13 Jun 2018 13:07

Amankan Mudik, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Manado Siapkan 55 Armada

MyPassion
Sigit Mintarso

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk mengatasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran, armada transportasi mulai dipersiapkan. Menurut Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Tipe C Sigit Mintarso, telah siap 55 armada.

"Untuk trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari terminal Tangkoko Bitung kita memiliki dua trayek rute Bitung-Palu dan Bitung-Gorontalo dengan jumlah 22 bus. Untuk trayek AKAP dari terminal Malalayang ada tiga trayek, yaitu Manado-Gorontalo, Manado-Palu dan Manado-Makassar degan jumlah 33 bus," ungkapnya.

Dia menambahkan, 55 armada tersebut semuanya layak jalan dan dalam kondisi fit hingga lebaran nanti. Namun, untuk lebih menjamin keselamatan dan kelayakan kendaraan, pihaknya akan melakukan ramp check (pemeriksaan lapangan).

"Memang ramp check ini secara rutin kita periksa sebelum bus jalan. Namun untuk lebih memastikan, dalam waktu dekat ini 55 armada akan kita cek semuanya. Kalau sudah tidak layak, tentu secara tegas kita tidak bisa jalankan. Dan untuk lebih masifnya, kita akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan baik provinsi atau juga kabupaten/kota serta kepolisian untuk bersama melakukan ramp check," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania mengatakan, ramp check memang akan segera dilakukan karena rata-rata bus tidak terurus. “Jadi kita akan memeriksa kendaraan jalan ini. Namun juga kan kita memiliki petugas di terminal dan setiap ada kendaraan yang akan jalan tentu diperiksa dulu. Untuk intensif keseluruhan akan kita gelar," ucapnya.

Lanjutnya, jika terjadi lonjakan penumpang di salah satu terminal, pihaknya siap menyuplai. “Namun dari pengamalan, tidak semua terminal terjadi lonjakan sehingga kebutuhan masyarakat akan bisa dipenuhi,” yakinnya.(tr-02/can)

Kirim Komentar