13 Jun 2018 13:22

531 Surat Suara Pilkada Minahasa Rusak

MyPassion
Wiesje Wilar

MANADOPOSTONLINE.COM—Proses sortir dan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa 27 Juni nanti sudah dilakukan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasilnya, sebanyak 531 surat suara dikategorikan rusak dan tidak layak digunakan. Hal ini tak dibantah Ketua KPU Minahasa Wiesje Wilar. “Proses sortir surat suara sudah selesai dan total surat suara yang dikategorikan rusak sebanyak 531 buah. Kita sudah buatkan berita acaranya dengan disaksikan pihak Panwaslu Minahasa dan aparat kepolisian,” ungkapnya.

Wilar mengatakan pihaknya telah memberitahukan soal ini ke pihak ketiga atau perusahaan penyedia surat suara yang telah menandatangani kontrak kerjasama dengan KPU Minahasa. “Pada intinya perusahaan terkait memang diwajibkan mengganti surat suara yang dikategorikan rusak dan tidak bisa dipakai saat pencoblosan nanti. Tapi kita sudah koordinasi dan mereka akan mengupayakan dalam waktu dekat akan segera menggantinya,” jelasnya.

Lanjut dikatakanya selain temuan surat suara rusak tersebut, dia juga mengakui secara umum kesiapan logistik yang akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah aman. “Kotak suara tidak ada masalah, dan kita pesannya melalui e-catalog. Untuk logistik lainnya juga sudah tuntas, tinggal menunggu waktu pendistribusian,” tutupnya.

Diketahui, untuk penyelenggaraan Pilkada Minahasa 27 Juni mendatang, pihak KPU telah menyiapkan 578 TPS. Sedangkan surat suara cadangan yang dipersiapkan yaitu 2,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap yang berjumlah 251.140 pemilih.(ctr-02/gel)

Kirim Komentar