12 Jun 2018 10:21

Rekomendasi BPK Prioritas, Pemkab Sitaro Gandeng DPRD

MyPassion
Herry Bogar

MANADOPOSTONLINE.COM—Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Pemkab Sitaro selama lima kali berturut-turut dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), mendapat penegasan dari Pj Sekkab Sitaro Drs Herry Bogar MM. Ia meminta seluruh jajaran SKPD tidak berpuas diri. "Pasalnya masih ada hal yang wajib menjadi perhatian serta ditindaklanjuti seluruh stakeholder," ucapnya.

Sebab lanjut Bogar, sesuai mandat Pasal 20 dan 21 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004, pemerintah harus melakukan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK. "Dan pejabat yang diperiksa wajib menyampaikan jawaban atau memberi penjelasan atas tindak lanjut hasil pemeriksaan dalam waktu 60 hari sejak diterimanya LPH," jelasnya. Sementara itu Bupati Sitaro Toni Supit meminta DPRD dengan fungsi pengawasan ikut mengawal tindaklanjuti temuan BPK. "Dengan melakukan pembahasan bersama kepala daerah sesuai kewenangannya dan memanfaatkan informasi dalam laporan hasil pemeriksaan tersebut untuk dapat melaksanakan tata kelola keuangan dengan baik agar opini WTP ini dapat dipertahankan," tuturnya.

Terpisah Ketua DPRD Sitaro Djibton Bogar Tamudia mengatakan dewan mengapresiasi opini WTP atas LHP dari BPK ini. "Tentu beberapa catatan strategis dari BPK akan menjadi acuan bersama antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sitaro, dalam melakukan penyempurnaan," singkatnya.(drp/gel)

Kirim Komentar