12 Jun 2018 11:03

Pemprov Sulut Kekurangan Tenaga Ahli

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) masih kekurangan tenaga ahli. Hal ini diakui Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD).

Menurut OD, karena sudah sekira 10 tahun belum ada perekrutan PNS untuk Pemprov Sulut.

"Kita belum melakukan perekrutan tenaga ahli. Padahal itu penting untuk meningkatkan kualitas organisasi pemerintahan," ucapnya baru-baru ini.

OD secara khusus menyorot kekurangan tenaga ahli PNS di bidang keuangan. Padahal menurutnya hal itu sangat dibutuhkan. “Kita butuh tenaga PNS yang expert di beberapa bidang, khususnya keuangan,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh mengakui, pemprov memang kekurangan tenaga ahli. Dia juga mengatakan, tahun ini penerimaan PNS akan lebih banyak tenaga pendidik.

"Tenaga administrasi di tahun ini akan kita rekrut sekira 200-an orang. Itu sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang dilakukan beberapa SKPD. Jadi memang ada beberapa SKPD yang membutuhkan tenaga administrasi untuk memenuhi kebutuhan," ucapnya.

Pengamat pemerintahan Gustaf Undap mengatakan, tenaga profesional di struktur pemerintahan sangat penting. Itu agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan optimal. Sebaliknya dia menyorot jika tenaga administrasi yang lebih banyak dibanding ahli.

"Memang tenaga administrasi di pemerintahan sangat penting dalam membantu pekerjaan setiap hari. Namun jika berlebihan, tidak membuat pekerjaan organisasi pemerintahan menjadi kreatif," urainya.

Jadi lanjutnya, harus ada keseimbangan antara tenaga administrasi dengan tenaga profesional.

Sekedar diketahui, saat ini Pemprov Sulut mengoleksi sebanyak 4.219 PNS dengan basic tenaga administrasi. (tr-02/can)

Kirim Komentar