12 Jun 2018 09:51

Pemkab Talaud Genjot Produksi Jagung

MyPassion
Ordik Rompah

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, melalui Dinas Kedaulatan Pangan dan Pertanian, bakal cetak 7.000 hektare lahan Jagung tahun ini. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kedaulatan Pangan dan Pertanian (KPP) Ordik Rompah, melalui Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman (P2T) Holtikultura Agus.

“Tahun ini, Kabupaten Kepulauan Talaud dapat bantuan bibit jagung untuk 7000 hektare lahan. Ini bertujuan menggenjot produksi." ujarnya.

Bantuan yang bersumber dari APBN ini dibagi merata ke seluruh kecamatan, kecuali Miangas.  18 Kecamatan di Talaud nantinya akan mendapat jatah. Hanya Miangas yang tidak, sebab hingga kini belum memasukkan nama kelompok. “Setiap Koramil juga kami berikan. Sebab mereka pula yang nantinya akan mengontrol para petani Jagung,” ungkap Agus.

Untuk mekanisme penyaluran bantuan kata Agus, kemungkinan seperti tahun lalu. Petani buka rekening BNI. Nantinya pihak bank salurkan ke perusahaan, kemudian dibagikan kepada kelompok.

“Jadi kelompok petani menerima langsung dari rekanan,” tandasnya. Diketahui, Jagung Litbang diberikan pemerintah 4.550 hektare. Sementara Jagung Hibrida 2.450 hektare.(fik/gnr)

Kirim Komentar