12 Jun 2018 11:31

Pelayanan Kesehatan Tetap Buka, Puskesmas dan RSUD Minahasa Siaga

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Cuti bersama dan libur lebaran mulai dijalani sejak kemarin. Kantor-kantor pemerintahan pun tutup. Namun, pelayanan kesehatan tetap buka. Tercatat, sesuai data Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa, ada 22 Puskesmas yang tetap melakukan pelayanan. “Ada 22 Puskesmas yang membuka pelayanan kesehatan saat cuti bersama. 8 diantaranya bisa rawat inap,” beber Kepala Dinas Kesehatan dr Yuliana Kaunang, kemarin.

Selain Puskesmas, lanjutnya, ada 4 RS juga yang memberi pelayanan. “Ada 45 rumah sakit juga yang buka. RSUD Samrat Tondano, RSUD Noongan, RS Sonder dan RS  Langowan,” katanya. “Sedangkn untuk Puskesmas non perawatan tetap buka juga kecuali hari libur lebaran. Masyarakat yang perlu pertolongan langsung ke UGD rumah sakit, akan langsung dilayani,” tambahnya.

Sementara, Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Mariani Suronoto mengatakan, dirinya menunggu perintah jika diperintahkan untuk kesiapan tenaga.  “Jadi kami lebih menyiapkan tenaga yang ada di gawat darurat. Karena kalau misalnya ini dalam hari raya lebaran kami menyediakan dua kali lipat tenaga yang ada di UGD,” katanya. Misalnya sehari-hari dokter hanya satu, sepanjang hari, sekarang kami tingkatkan. Begitu juga dengan perawat untuk mengantisipasi kunjungan,” pungkas dr Mariani. (ctr-02/fgn)

Kirim Komentar