12 Jun 2018 08:10

Milik Dinosaurus dan Cewek Perampok

MyPassion
dok

MANADOPOSTONLINE.COM—Strategi Universal Pictures memajukan jadwal rilis Jurassic World: Fallen Kingdom di mancanegara sebelum Piala Dunia sukses berat. Tayang sejak Rabu (6/6), film yang dibintangi Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard itu mengumpulkan USD 151 juta (Rp 2,105 triliun). Melampaui prediksi kritikus yang berkisar USD 135 juta–USD 140 juta atau setara dengan Rp 1,88 triliun hingga Rp 1,95 triliun.

Perolehan tertinggi dikumpulkan di Korea Selatan. Di negeri K-pop itu, sekuel Jurassic World (2015) tersebut mencetak perolehan USD 27,2 juta atau Rp 379,1 miliar. Film itu juga disambut hangat di Inggris dan negara asal sutradara J.A. Bayona, Spanyol.

Jurassic World 2 tampaknya bakal mempertahankan status juara box office mancanegara hingga pekan depan. Sebab, Jumat nanti (15/6) film tersebut dirilis di Tiongkok. Universal menargetkan pendapatan opening weekend sebesar USD 100 juta atau Rp 1,39 triliun. Di Negeri Panda, Jurassic World mampu meraup USD 99 juta (Rp 1,38 triliun) tiga tahun silam.

”Kami yakin film itu bakal lebih sukses daripada pendahulunya,” tegas President of International Distribution Universal Pictures Duncan Clark. Menurut dia, film dengan tokoh dinosaurus tersebut tidak bakal kehilangan pasar. ”Tiap momen rilisnya adalah event besar yang dirayakan. Sehingga film itu bisa bertahan di pasar seperti Australia, Tiongkok, dan Amerika Latin,” imbuh Duncan.

Jurassic World: Fallen Kingdom cukup fun untuk ditonton berkat melimpahnya adegan aksi yang seru. Jantung dipompa oleh ketegangan yang susul-menyusul. Janji Bayona untuk menghadirkan sensasi franchise Jurassic klasik lewat interaksi manusia dengan dinosaurus yang begitu nyata dipenuhi. Bikin deg-degan. Sentuhan humornya juga pas. Plot ceritanya sih lupakan saja, he he.    

Sementara itu, di Amerika Utara, posisi puncak box office diraih Ocean's 8. Film heist yang menampilkan Sandra Bullock, Cate Blanchett, dan Rihanna sebagai gerombolan perampok stylish tersebut mengumpulkan USD 41,5 juta (Rp 578,5 miliar) di akhir pekan pertamanya.

Proyek besutan Gary Ross tersebut menjadi film perempuan dengan pendapatan terbaik setelah Ghostbusters (2016). Proyek reboot itu mencetak USD 46 juta (Rp 641,2 miliar). Keputusan Warner Bros. untuk merilis Ocean's 8 juga mendapat sambutan hangat kaum perempuan. Mengutip Forbes, 69 persen penonton adalah perempuan.

Mereka memberikan ulasan relatif baik. Di CinemaScore, Ocean's 8 dapat rating B+. ”Bahkan, penonton berusia di bawah 18 tahun memberikan rating A. Hal itu membuktikan bahwa film cewek punya daya tarik kuat,” kata Scott Mendelson, jurnalis Forbes.

Ocean's 8 memberikan tribute kuat kepada pendahulunya, trilogi Ocean's Eleven. Danny Ocean, bintang Ocean's Eleven, berkali-kali disebut. Ada beberapa bintang trilogi orisinal Ocean's yang juga ditampilkan di film itu. Twist ceritanya mirip, tapi tetap bikin kaget. Sedangkan latar Met Gala dan kehidupan selebriti menjadi unsur baru yang menyegarkan mata.

Belum lagi, gaya penyutradaraan Steven Soderbergh yang edgy dan dialog witty yang khas dipertahankan di Ocean's 8. Sungguh mengobati kerinduan fans Ocean's Eleven. Di film tersebut, Soderbergh menjadi produser. ”Aku sudah bekerja dengan Steven selama 20 tahun. Kami saling membantu di berbagai film. Aku melihat apa yang dia lakukan di trilogi Ocean's dan aku sangat menghormati itu,” kata Ross seperti dikutip Film School Rejects. (jpg)

Kirim Komentar