12 Jun 2018 08:02

Masa Cuti Kampanye Habis, JS-Manalip-Tatong Come Back

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Tiga bupati dan satu wali kota definitif yang cuti kampanye segera come back (kembali bertugas). Masing-masing Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap (JS), Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip (SWM), Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara (TB), dan Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh (DP).

Seperti di Mitra, masa kerja Plt Bupati Mitra Ronald Kandoli menurut Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mitra Robby Ngongoloy, berdasarkan SK Gubernur jabatan Plt bupati dari 15 Februari hingga 23 Juni.

“Jadi Ronald Kandoli menjabat Plt bupati hingga 23 Juni jam 12 malam,” jelasnya kemarin (11/6).

Meski begitu, dikatakan Ngongoloy, secara efektif jabatan Plt bupati hanya tinggal dua hari. Mengingat libur yang sudah dimulai sejak hari ini hingga 20 Juni pekan depan.

“Kan masuk kantor Kamis 21 Juni dan Jumat 22 Juni. Sedangkan 23 itu kena hari Sabtu,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk bupati definitif akan kembali menjabat pada 24 Juni. Namun secara efektivitas mulai masuk kantor pada 25 Juni. “Karena 24 Juni itu hari minggu,” tandasnya.

Namun, tambah Ngongoloy, pihaknya tetap menunggu surat pemberitahuan pemerintah provinsi terkait berakhirnya masa jabatan Plt bupati.

“Kemungkinan surat masuk ke kami pekan depan. Tepatnya usai libur lebaran,” jelasnya. Ngongoloy juga menjelaskan soal masa jabatan JS yang akan berakhir 23 September nanti.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Mitra Novri Raco membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, sesuai SK, jabatan Plt Bupati Mitra sampai 23 Juni. Namun untuk efektivitas kerja bisa terbilang tinggal dua hari.

“Karena dalam SK tersebut hanya tercantum jabatan Plt berakhir 23 Juni 2018,” katanya.

Komisioner KPU Mitra Fanny Wurangian juga ikut membenarkan. Menurutnya, sesuai mekanisme calon bupati JS sudah kembali menjabat pada 24 Juni nanti. Dikarenakan dirinya hanya cuti selama masa kampanye. Sedangkan masa kampanye berakhir 23 Juni.

"24 Juni petahana sudah bisa kembali sebagai Bupati Mitra. Karena masa kampanye hanya sampai 23 Juni,” jelasnya.

Sama halnya dengan masa jabatan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. “Masa jabatan Ibu Tatong Bara hingga 22 September, sementara masa cutinya sampai 23 Juni 2018. Dan kembali masuk 24 Juni,” terang Komisioner KPUD Kotamobagu Ridwan Kalauw.

Lanjutnya, masa jabatan wali kota tetap akan berjalan sampai jabatannya selesai. “Dia masih akan tetap menjabat apabila dia tidak terpilih nanti. Karena masa jabatannya akan berakhir pada 22 September. Nah, kalau sudah dipastikan pelantikan 22 September dan dia tidak terpilih sebagai wali kota Kotamobagu, artinya dia melepas masa jabatannya. Yang penting masa jabatannya sudah selesai,” tukas Kalauw.

Begitupun di Talaud. Bupati Talaud SWM bakal kembali bertugas pada 23 Juni. “Masa cuti kampanye sudah habis,” beber sumber resmi dari Pemkab Talaud.

Menurutnya, tugas SWM dan Wabup Petrus Tuange nanti, berakhir tahun depan. “Kalau tidak salah, antara Juni dan Juli 2019,” pungkasnya.

Di Bolmut, diungkapkan Kabag Tapem Setkab Samidin Korompot, jabatan DP – Suriansyah Korompot baru berakhir pada 5 September tahun ini.

“Pak Suriansyah menjabat Plt Bupati Bolmut sejak tanggal aktif cuti bupati Depri Pontoh hingga 20 Juni 2018. Atau lebih tepatnya, satu minggu sebelum pencoblosan, Depri akan kembali menjabat seperti biasa, bersama Suriansyah sebagai wakilnya. Sebab bupati hanya mengambil cuti selama kampanye,” tandas Korompot. (***)

Kirim Komentar