12 Jun 2018 11:31

Macet Mulai Pukul 14.00-20.00, Jalan Manado Padat Merayap

MyPassion
Ilus

MANADOPOSTONLINE.COM—Mejelang Idul Fitri, jalan di Manado padat merayap. Pantauan, Senin (11/6) kemarin, kemacetan terjadi di sepanjang jalur Boulevard, Bahu, seputaran pasar 45, Sario, dan Samrat. Terlihat polisi sibuk mengatur arus lalu lintas agar tidak macet.

“Macet biasa mulai jam 2 siang hingga 8 malam. Karena, jam-jam seperti itu banyak warga yang datang menggunakan mobil untuk berbelanja,” ungkap Icat salah satu sopir taksi online. 

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Manado M Sofyan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Donald Wilar mengatakan, H-5 sebelum Idul Fitri hingga puncaknya H-2 dan H-1 dipastikan kendaraan yang beroperasi di Manado akan bertambah. Baik dari Manado sendiri atau dari luar kota.

“Karena banyak pengunjung yang datang untuk berbelanjaan kebutuhan hari raya,” ujarnya. 

Dia pun tidak bisa memperkirahkan berapa kali lipat jumlah mobil beroperasi dibanding hari biasanya. “Yang pasti untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, kami akan menugaskan 120 personel Dishub untuk membantu tugas kepolisian mengurai kemacetan. Yang menjadi fokus kami pusat perbelanjaan,” sebutnya. 

Selain itu, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada kendaraan yang tidak tertib lalu lintas. “Kami akan melakukan penggembokan bagi kendaraan yang memakir kendaraan sembarangan. Supaya ada efek jerah dan tidak menimbulkan kemacetan,” jelasnya. 

Terpisah, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone meminta instansi teknis turun lapangan mengantisipasi kemacetan jelang hari raya. “Seperti kita ketahui, jelang hari raya pasti banyak warga yang menggunakan mobil berbelanja di Manado. Kami meminta instansi teknis mengantisipasi ini dengan turun ke jalan mengatur lalu lintas. Supaya tidak terjadi kemacetan panjang,” harapnya.(ite/can)

Kirim Komentar