12 Jun 2018 11:09

Klaim Kemenangan Jualan Paslon

MyPassion
Okjen Kansil

MANADOPOSTONLINE.COM—Maraknya perang klaim pada H-16 sebelum Pilkada Kabupaten Kepulauan Sitaro, mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Salah satunya pengamat politik muda Okjen M Kansil SAP. Ia menuturkan klaim kemenangan menjadi salah satu senjata menarik simpati mendekati hari pencoblosan.

"Berbagai klaim yang diungkapkan setiap pasangan calon, dapat merusak mental pendukung. Tinggal tergantung bagaimana mereka meyakinkan," tuturnya.

Namun lanjut alumni Fisip Unsrat tersebut, di era sekarang cukup sulit memainkan isu seperti itu. "Apalagi masyarakat sudah tidak mudah dibodohi. Setiap paslon harus memiliki sumber jelas saat membeberkan hasil survei. Lembaga survei juga harus dapat dipercaya dan memiliki margin error yang rendah serta cara pengolahan data akurat," ucapnya.

Menurut Kansil, masyarakat awam banyak yang terkecoh. Tapi tidak sedikit juga yang telah belajar dalam memilah informasi. “Jumlah pendukung yang hadir dalam kampanye menjadi salah satu indikator yang bisa meyakinkan klaim kemenangan. Untuk Sitaro, sejauh ini saya melihat klaim kemenangan memang masih menjadi jualan dari setiap paslon," pungkasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar