12 Jun 2018 15:03

Digelar November Mendatang, Sulut Kembali Menjadi Tuan Rumah Konferensi Nasional Kelapa

MyPassion
Kepala Balit Palma Dr Ismail Maskromo (Dok.Fajar)

MANADOPOSTONLINE.COM - Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian sebagai instansi pemegang mandat penelitian kelapa nasional telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi untuk mendukung pengembangan kelapa.

Teknologi unggulan yang dihasilkan sebanyak 35 varietas kelapa unggul, rekomendasi teknik budidaya melalui pengendalian terpadu hama dan penyakit kelapa, jarak dan sistem tanam baru dengan pola polikultur. Juga pengolahan produk kelapa secara terpadu dengan memanfaatkan semua bagian buah tanaman kelapa. 

Penerapan teknologi tersebut mampu meningkatkan pendapatan petani 2 sampai 3 kali lipat. Berbagai upaya terus dilakukan untuk penderasan inovasi teknologi kelapa dari hulu sampai hilir yang telah dihasilkan oleh lembaga yang berdiri sejak tahun 1930 ini. 

November 2018 nanti, Balit Palma berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) dan Universitas Sam Ratulangi Manado bakal menggelar Konferensi Nasional Kelapa (KNK).

Manado akan menjadi tuan rumah KNK untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pada tahun 2010. 

Hal ini sangat beralasan karena Sulut merupakan sentra kelapa kedua terbesar di Indonesia setelah Riau. Rencana tema yang dipilih pada iven nasional untuk insan perkelapaan ini yaitu Inovasi Teknologi Mendukung Peningkatan Pendapatan Petani Kelapa Indonesia.

"Acara ini nantinya akan dihadiri oleh para pakar, pengusaha, petani, peneliti dan pemerhati kelapa se-Indonesia," tutur Kepala Balit Palma Dr Ir Ismail Maskromo MSi. 

Lebih lanjut Ismail Maskromo menyampaikan bahwa pelaksanaan KNK di Manado untuk membangkitkan kembali semangat pengembangan kelapa di Sulut yang cenderung menurun beberapa tahun terakhir ini. Selain itu diharapkan juga akan mengembalikan Identitas Nyiur Melambai di Sulut yang sudah terkenal sejak dahulu kala. (mpo)

Kirim Komentar