12 Jun 2018 12:54

Anak Putus Sekolah di Kotamobagu Terima Bantuan

MyPassion
Rastono Sumardi

MANADOPOSTONLINE.COM—Terobosan baru dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendidikan (Disdik). Sebanyak 50 anak putus sekolah bakal terima bantuan perlengkapan sekolah dan uang transportasi selama enam bulan.

"Program ini baru pertama kali. Untuk sementara kami baru menargetkan 50 anak yang siap dianggarkan. Insya Allah bisa berkelanjutan," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Rukmi Simbala, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Rastono Sumardi, Senin (11/6).

Program ini untuk menurunkan angka putus sekolah khususnya di Kotamobagu. "Bantuannya berupa seragam sekolah dan bantuan uang transportasi ke sekolah. Bantuan senilai kurang lebih 3 juta rupiah per anak," terangnya Rastono.

Memang menurut Rastono, tidak semua anak-anak tersebut putus sekolah karena faktor ekonomi. Sebagian bahkan diketahui tidak ingin sekolah karena ada faktor lain.

"Anak putus sekolah karena faktor ekonomi juga, sering kali menjadi penyebab. Dan di tahun ajaran ini kami siapkan dana untuk 50 anak putus sekolah kembali ke sekolah. Tetapi kami akan upayakan juga untuk sebagian anak yang faktor lain sehingga mereka putus sekolah. Yang terpenting dia sekolah dulu, kalu sudah sekolah nanti akan disentuh dengan program lanjutan mungkin beasiswa," ungkapnya.

Dia melanjutkan, apabila ada kelompok masyarakat yang melihat anak putus sekolah silahkan melapor ke pemerintah desa/kelurahan.

"Dari dinas bakal kunjungi rumahnya, didata keluarga dan nama anak tersebut, dan tanya apa faktornya putus sekolah. Kalau memang program ini sangat membantu masyarakat dan dibutuhkan. Maka kami bakal melanjutkan program ini," tukas Rastono.(tr-06/tan)

Kirim Komentar