12 Jun 2018 13:18

3.942 KPM Boltim Terima Rastra

MyPassion
Rudi Malah

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 3.942 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Kabupaten Boltim akan menerima Bantuan Sosial (Bansos) beras pra sejahtera (Rastra). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Dinas Sosial (Dinsos) Boltim Rudi Malah.

Menurut dia, penyaluran Rastra yang sempat tertunda pada Bulan April dan Mei akan disalurkan bersamaan dengan bulan Juni. "Jadi untuk April dan Mei belum sempat disalurkan. Sehingga Juni ini semuanya akan disalurkan. Jadi setiap KPM akan menerima Rastra sebanyak 30 Kg," jelas Malah.

Lanjutnya, total KPM yang terdata di Boltim sebanyak 3.942. Itu sesuai dengan data yang didapatkan dari desa. “Jadi tidak ada pengurangan dan penambahan," katanya.

Dia pun memastikan, selama ini proses pembagian Rastra selalu tepat sasaran. Bahkan beras yang dibagikan pun memiliki kualitas yang baik dan layak dikonsumsi. "Berasnya bagus. Karena sebelum didistribusikan akan dicek dulu. Jika kualitas berasnya kurang bagus akan kami laporkan dan minta diganti dengan beras yang bagus. Tapi sejauh ini selalu bagus dan belum ada keluhan dari masyarakat yang kami terima," akunya.

Sementara itu, untuk menjamin pendistribusian Rastra agar tepat sasaran, pihaknya membentuk tenaga kerja sosial yang bertugas untuk mengawasi pendistribusian Rastra, agar sesuai peruntukan dan data yang diberikan. "Jadi dari Bulog hingga ke desa, jumlah dan kualitas beras itu diawasi. Pun dengan penerimanya. Artinya bantuan tersebut tidak bisa dipindahtangankan. Jika ada aparat desa yang melakukan kecurangan maka akan diberikan sanksi bahkan dilaporkan ke rana hukum," tegasnya.

Terpisah, Anggota Komisi Tiga DPRD Boltim Nazarudin Simbala mengharapkan, Rastra bisa membantu meringankan beban masyarakat Boltim yang kurang mampu. Dia pun meminta agar pemerintah daerah sampai ke tingkat desa untuk bisa mengawasi pembagian Rastra agar tepat sasaran. "Harus diawasi. Jangan ada lagi aparat desa yang suka mempermainkan bantuan kepada masyarakat," tukasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar