12 Jun 2018 11:00

30 Posko Mudik Dinkes Sulut Siaga

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Mengacuh surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) Nomor 02.01/Menkes/307/2018, Dinas Kehahatan (Dinkes) Daerah Sulawesi Utara (Sulut) membentuk tim penyelenggaraan kesehatan mudik yang berada di kabupaten/kota. Tim ini masing-masing melibatkan instansi terkait yang dikoordinasikan Dinkes kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo mengatakan selain tim itu, dibentuk juga 30 posko kesehatan mudik lebaran. Posko tersebut dikelola Dinkes daerah.

“Jadi dalam posko tersebut ada pemberian pelayanan kesehatan 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit di sepanjang jalur mudik. Serta juga ada, penyiapan tim gawat darurat dan evakuasi mudik untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan kondisi darurat lainnya serta fasilitasi akses ke lokasi kecelakaan,” ucapnya.

Di 30 posko ini, menurut Kalalo, terdapat pemeriksaan kesehatan khusus pengemudi bus antar kota dan antar provinsi. Tujuannya untuk deteksi dini faktor resiko kecelakaan pada pengemudi bus.

“Kita juga berharap Dinkes kabupaten/kota dan Puskesmas agar menjalin koordinasi dengan lintas sektor terkait di wilayahnya,” urainya.

Lanjutnya, Dinkes Sulut telah menginstruksikan kepada Dinkes dan direktur rumah sakit di kabupaten/kota untuk melaksanakan edaran Menteri Kesehatan tersebut.

“Kita juga telah mengeluarkan surat edaran Nomor 440/Sekr/3359/V/2018, yang disusul dengan surat kepala Dinas Kesehatan Nomor 440/Sekr/3360/2018. Surat edaran ini menegaskan kepada Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes kabupaten/kota dan Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit untuk aktif memantau proses shift profesional kesehatan yang bertugas,” tuturnya.(tr-02/can)

Kirim Komentar