11 Jun 2018 12:04
Kandouw: Agar Ada Standarisasi

Tambang Liar Dilegalkan

MyPassion
Steven Kandouw

MANADOPOSTONLINE.COM—Banyaknya kasus kecelakaan di lokasi pertambangan ilegal membuat Pemprov Sulut mengeluarkan kebijakan baru. Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan, semua tambang liar tahun ini akan mulai dilegalkan.

"Jadi memang yang tambang yang liar-liar ini, akan kita buat legal. Kenapa dibuatkan legal? Agar supaya standarisasi di pertambangan tersebut jelas. Kan kalau liar, ketika terjadi masalah tidak ada yang bisa tanggung jawab. Ini yang memang kita harapkan agar semuanya sesuai dengan regulasi," ungkapnya.

Menurutnya, tambang liar ini banyak melibatkan masyarakat lokal. Karena itu, pentingnya ada standarisasi terutama terkait kemanan di pertambangan.

"Pelegalan ini kita buat dalam bentuk koperasi, tambang rakyat, dan beberapa jenis lainnya. Yang utama adalah terstruktur serta memiliki standar keamanan. ESDM juga sudah akan kita instruksikan agar segera mungkin mengawal terkait tambang liar ini," tuturnya.

Kandouw mengatakan, segi safety di sebuah pertambangan adalah hal yang sangat penting. Karena itu, jika ada pengawalan dari stakeholder maka segi safety ini bisa diterapkan di pertambangan rakyat ataupun koperasi tambang.

"Kan di tambang itu tidak boleh asal-asalan. Harus ada oksigen, kedalamam harus berapa, metode penggalian seperti apa, semua harus jelas. Kalau liar, tidak ada aspek keselamatan. Jadi kita berusaha agar melegalkan sehingga semua aspek dan regulasi bisa diterapakan di pertambangan. Karena masalah nyawa seseorang, tidak bisa main-main," kuncinya. (***)

Kirim Komentar