11 Jun 2018 10:29

TGR 20 Miliar di Mitra Belum Dikembalikan

MyPassion
Robert Rogahang

MANADOPOSTONLINE.COM—Kesadaran pengembalian temuan ganti rugi (TGR) periode 2008-2013 mulai meningkat. Meski begitu, total jumlah TGR hingga kini masih mencapai angka Rp 20 miliar. Hal ini diungkapkan Kepala Inspektorat Kabupaten Mitra Robert Rogahang, Jumat (8/6).

Menurutnya, TGR tersebut berasal dari PNS, anggota DPRD periode lalu, hingga pihak ketiga. “Dari hasil pemeriksaan BPK lalu awalnya temuan mencapai Rp 50 miliar lebih. Lalu berkurang menjadi 36 miliar. Namun hingga kini tinggal 20 miliar,” katanya.

Adapun, menurut Rogahang, saat ini temuan hasil pemeriksaan BPK tersebut sudah diserahkan ke aparat penegak hukum. Karena BPK sudah memberikan waktu 60 hari sejak 21 Januari lalu. "Yang pasti apakah sudah diserahkan atau belum itu sudah masuk ranah nya BPK. Kan BPK sudah MoU dengan APH. Jadi semuanya kami serahkan ke mereka," jelasnya.

Dikatakan Rogahang, beberapa waktu lalu pihaknya bekerja sama dengan BPK menyurat ke tiap SKPD. Dengan maksud pertanggungjawaban pengembalian TGR tersebut. “Kami sudah kirim surat, agar bisa diteruskan ke ASN yang bersangkutan. Kalau pun sudah pensiun tetap diberikan kepada alih warisnya,” tegas Rogahang.

Sementara untuk anggota DPRD dan pihak ketiga (kontraktor) yang masih memiliki TGR kami surati langsung. "Kalau dewan melalui sekwan terlebih dahulu. Kalau pihak ke tiga diserahkan langsung," tambahnya.

Sementara untuk TGR periode 2013-2017, dikatakan Rogahang terkesan masih nihil. Atau bahkan tidak mendapat temuan kerugian negara. "Karena pada pemeriksaan pada pemeriksaan BPK periode 2013-2017, jika memang ada temuan. Baik ASN, anggota DPRD, atau pihak ketiga langsung ditindaklanjuti yang bersangkutan,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar