11 Jun 2018 11:36

Satu Pejabat Kades Talaud Tak Hadir Pelantikan

MyPassion
Pelantikan tiga kepala desa yang dipimpin langsung oleh Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange, Sabtu (9/6), di aula sekretariat kabupaten. (Fikantri Kaesang/Mp)

MANADOPOSTONLINE.COM—Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Tuange melantik tiga kepala desa (kades), di aula sekretariat kabupaten, Sabtu (9/6). Kades yang dilantik Jemli Pandengkalu sebagai Kepala Desa Apan, Herson H Panahal sebagai Kepala Desa Musi I, dan Johanes Tindige sebagai Pejabat Kepala Desa Damau Bowone.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepulauan Talaud Nomor 215/2018 tanggal 31 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Desa Apan Kecamatan Gemeh dan Kepala Desa Musi 1 Kecamatan Kalongan, juga Surat Keputusan Bupati Kepulauan Talaud Nomor 214/2018 tanggal 31 Mei 2018 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Damau Bowone, Kecamatan Damau.

Tuange mengatakan, kondisi di lapangan ada pada beberapa desa yang sudah melaksanakan pilkades, namun akibat kades terpilih belum dilantik, maka berdampak pada dana desa (dandes) yang tidak bisa cair dan tidak akan terserap.

“Ini mengacu pada UU Nomor 6 tentang Desa, mengenai Pemberhentian dan Pelantikan Pejabat Desa. Oleh karena itu, mendasari pertimbangan-pertimbangan itu, maka dilakukan pelantikan. Seharusnya ada 4 Kades yang dilantik hari ini (Sabtu), tetapi dia berhalangan hadir,” ucap Tuange.

Tuange juga menekankan, agar kades yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sesuai aturan. “Kepada kades yang baru dilantik, saya berharap bisa pahami aturan, laksanakan sesuai dengan aturan dalam seluruh tugas pokok dan fungsinya. Kemudian berulang kali saya tekankan, tugas Kades bukan tugas tunggal, Tetapi Kades mempunyai tugas kolektif kolegial. Ada perangkat daerah, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat. Kiranya dalam segala tindak lanjut di desa selalu berkoordinasi satu dengan yang lain,” jelasnya.

Terkait dengan penggunaan dandes, Tuange berharap dikelola secara baik dan benar, mengikuti aturan-aturan yang berlaku. “Selamat melaksanakan tugas kepada kades definitif yang baru,” tandas plt bupati tersebut.

Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadula, Sekwan DPRD Siloam Angkuma, Inspektur Moudy Gumansalangi, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Fanmy Unsong, Kabag TUP Selny Palapu, dan para pejabat eselon III, IV di lingkup pemkab Talaud turut hadiri pelantikan. Sebelumnya dijadwalkan akan digelar pelantikan bagi empat kades, namun Alfrets Sapoh sebagai Pejabat Kepala Desa Tuabatu, tidak hadir.(fik/gnr)

Kirim Komentar