11 Jun 2018 09:49

Polres Bitung memastikan Kendaraan Mudik Aman

MyPassion
Andri Permana

MANADOPOSTONLINE.COM—Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bitung memastikan ratusan unit bus yang akan digunakan pemudik aman dan nyaman. Itu dibuktikan dengan pengecekan ratusan unit bus yang akan digunakan pemudik beberapa waktu lalu di Terminal Tangkoko. “Pengecekan kita lakukan bersama sejumlah instansi bertepatan hari pertama Operasi Ketupat 2018 dimulai tanggal 7 Juni,” kata Kasat Lantas Polres Bitung AKP Andri Permana SIK, Minggu (10/6) kemarin.

Permana mengatakan, Satlantas Polres Bitung diwakili KBO Lantas Iptu Everd Kawatu bersama anggota melaksanakan pengecekan kelayakan angkutan lebaran AKAP dan AKDP di Terminal Tangkoko. “Pengecekan dilakukan agar pemudik dapat terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan,” ujarnya.

Tak hanya kendaraan, pemeriksaan juga dilakukan kepada sopir-sopir agar dalam kondisi fit dan tidak mabuk. “Kami berharap dengan adanya tindakan pencegahan ini, pemudik bisa sampai ke tujuan dengan selamat serta berlebaran dengan keluarga,” harapnya.

Lanjutnya, selama arus mudik lebaran pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap angkutan yang keluar masuk Terminal Tangkoko. “Sesuai data ada bus 137 bus AKDP dan 18 bus AKAP serta empat bus Damri yang kita periksa kelayakannya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bitung Vicky Sangkaeng juga memastikan kendaraan yang akan digunakan pemudik nanti aman dan layak digunakan. "Kami bersama satlantas telah melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan dipakai mudik, seperti bus. Dari pengecekan yang kita lakukan sampai sekarang semua masih layak," ungkapnya.

Lanjutnya juga, bila ada kendaraan yang sudah 20 tahun atau 15 tahun beroperasi sudah tidak disetujui lagi mengangkut penumpang. "Bus yang akan dipakai semua masih layak, kalau ada yang 15 tahun ke bawah kita tetapkan itu sudah tidak layak beroperasi, agar kejadian yang tak diinginkan bisa dihindari," tandasnya.(tr-03/tan)

Kirim Komentar