11 Jun 2018 11:58

Perbaikan Jalan Ratahan-Amurang Terkendala Anggaran

MyPassion
Ruas jalan Ratahan-Amurang yang menjadi wewenang provinsi mulai dikerjakan. Namun belum semua titik tercover karena keterbatasan anggaran.

MANADOPOSTONLINE.COM—Perbaikan ruas jalan Ratahan-Amurang belum bisa tuntas sepenuhnya. Pasalnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terbatas anggaran. Hal ini diungkapkan Kepala PUPR Sulut Steve Kepel.

Menurutnya, perbaikan tersebut ada tiga segmen. Segmen I yaitu dari pertigaan Tombatu dengan panjang 519 kilometer (km). Segmen II dengan lokasi pertigaan Desa Kali Oki dengan panjang 471 km . “Dan segmen III yakni Desa Ranoketang dengan panjang 8,5 meter. Itu memang sudah ada yang runing. Namun anggaran kita hanya terbatas," ungkapnya.

Karena keterbatasan anggaran, lanjutnya, sehingga pekerjaan hanya dilakukan sesuai dengan yang tertata. Nanti menurutnya, jika sudah ada anggaran, akan dilihat titik mana yang akan diperbaiki lagi.

Kepala Bina Teknik PUPR Sulut Frans Timah membenarkan. Menurutnya, anggaran di Dinas PUPR untuk penanganan jalan Ratahan-Amurang hanya Rp 22 miliar. Itu menurutnya, sudah diatur titik mana saja yang akan diperbaiki.

"Jadi untuk reguler 2018 penanganan jalan prioritas lebih diarahkan pada ruas jalan dengan kesiapan lebar perkerasan minimal 5 meter. Itu meliputi ruas jalan Pontak-Kalait-Lobu sepanjang 14 mil, ruas jalan Silian-Tombatu 6 mil, ruas jalan Ratahan-Amurang 2 mil," urainya.

Menurut Timah, selanjutnya akan diprogramkan penanganan lanjutan pada ruas jalan Ratahan-Amurang apabila lahan sebagaimana dipersyaratkan memenuhi.

"Jadi tiga ruas ini diperbaiki lalu dilebarkan. Kalau yang lain, kita masih menunggu kesiapannya. Kan yang berwenang untuk menyiapkan lahannya adalah kabupaten setempat. Jika lahan sudah siap, maka kita masuk dengan pekerjaan fisik," kuncinya.(tr-02/can)

Kirim Komentar