11 Jun 2018 11:59

Pemkab Sitaro Genjot Jalan Lingkar

MyPassion
Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit saat melakukan pemantauan pembangunan jalan lingkar utara di Kampung Batu Bulan, pekan lalu. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan infrastruktur terus digenjot Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro. Seperti terpantau tahun ini, pemkab membangun akses jalan lingkar Utara yang akan menghubungkan sejumlah desa. Saat diwawancarai, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM ketika memantau langsung pembangunan di Kampung Batu Bulan Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut), Sabtu (9/6) mengungkapkan, pembangunan ini menjadi prioritas pemerintah sejak 2017 hingga 2018. 

"Pada 2017 kita sudah membangun 22 Km dari estimasi total panjang jalan lingkar utara 36 Km, jika dimulai dari Ulu sampai di Ondong. Sejak akhir 2017 kita sementara menggenjot. Sisanya 14 Km dan tujuh jembatan penghubung," terangnya.

Diakui Pemkab, pembangunan sedikit terkendala dengan adanya pengurangan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dari Rp 100 miliar usulan yang dimasukkan Dinas PU, disetujui Rp 34 miliar. Di sisi lain terjalnya medan sangat berpengaruh. “Banyak orang tidak menyangka khususnya jalan di Batu Bulan ini dapat dibangun. Saat memantau pembangunan saya terkejut melihat antusias masyarakat yang gembira menyambut kedatangan kami," tuturnya.

Tentu lanjut TonSu sapaan akrabnya, hal ini diharapkan akan menggerakkan berbagai sektor. Seperti pendidikan. Karena dengan adanya jalan lingkar utara, akan menambah antusias anak-anak bersekolah, juga kesehatan mudah dijangkau. Maka bakal meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan juga perekonomian masyarakat. "Kita berharap, dengan adanya infrastruktur ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, serta adanya peningkatan taraf hidup signifikan," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar