11 Jun 2018 14:06

Pemkab Bolmong Limpahkan TGR ke Proses Hukum

MyPassion
Rio Lombone

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong akan melimpahkan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) sampai ke proses hukum. 

Kepala Inspektorat Pemkab Bolmong Rio Lombone menyampaikan, hal ini akan dilakukan oleh Pemkab Bolmong, jika para penunggak TGR tidak melakukan pelunasan hingga batas waktu yang ditentukan. "Kita akan lakukan sidang dulu. Apabila 60 hari tidak ada pelunasan, dilimpahkan ke pihak penegak hukum," tegasnya, Sabtu (9/6), lalu.

Menurut dia, sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (MPTP-TGR) dilaksanakan usai Idul Fitri. "Pasca lebaran kita akan menggelar sidang MPTGR," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Bolmong AKP Ronny Hendri Maridjan mengatakan, pihaknya menunggu rekomendasi dari Pemkab Bolmong. "Kita akan mengikuti Pemkab Bolmong. Kalau mereka memberikan kesempatan 60 hari itu, kita tunggu selesai itu. Bagaimana tindaklanjut BPK, apakah ada sanksi administrastif atau pidana kita menunggu," tambahnya. 

Dia menjelaskan, tujuan penegakan hukum tindak pidana korupsi adalah untuk mengembalikan kerugian keuangan negara. "Kita memberikan kesempatan orang mengembalikan TGR. Intinya menunggu rekomendasi dari Inspektorat atau Pemkab Bolmong," katanya. 

Sekadar diketahui, beberapa bulan lalu Pemkab Bolmong bersama Polres Bolmong telah melakukan penandatangan kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk penanganan kasus TGR. (tr-01/ite)

Kirim Komentar