11 Jun 2018 13:13

Mudahkan Pemilih Disabilitas, KPU Sediakan Template Braille di Kertas Suara

MyPassion
Kristoforus Ngantung

MANADOPOSTONLINE.COM—Para pemilih penyandang disabilitas tak perlu khawatir saat Pilkada 27 Juni nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan template braille di kertas suara. Seperti diungkapkan komisioner KPU Kabupaten Minahasa Kristoforus Ngantung.

Dia mengatakan, pihaknya telah berkomitmen menjamin masyarakat yang memiliki hak pilih, diberi kemudahan mencoblos, termasuk penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik.

“Kita akan lakukan simulasi terkait template braille ini dengan melibatkan  Persatuan Tuna Netra (Pertuni) di Kabupaten Minahasa,” bebernya.

Para penyandang disabilitas ini, lanjut Ngantung, bakal diberi pemahaman tentang berbagai hal terkait Pilkada. Di antaranya syarat pemilih, cara mengetahui profil pasangan calon, cara memastikan nama sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), dan jalur pemungutan suara di TPS. “Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoblos,” jelasnya.

Ketua Pertuni Minahasa Steven mengaku mengapresiasi template braille yang akan disediakan KPU ini. Dia juga mendukung simulasi yang akan dilakukan KPU nanti. “Jadi pada waktu pencoblosan nanti tidak bingung lagi. Karena sudah pernah kami kerjakan,” katanya.

Lebih lanjut Steven meminta kabupaten/kota penyelenggara Pilkada serentak agar dapat menyediakan template braille seperti KPU Minahasa. "Karena ketersediaan template braille ada dalam aturan dan harus disiapkan pihak penyelenggara," tutupnya.

KPU Kepulauan Sitaro juga memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas. Seperti diungkapkan Ketua KPU Sitaro Stephen Londok. “Bagi penyandang disabilitas akan dipermudah dalam melakukan pencoblosan.  Formulir dan alat bantu disiapkan KPU. Petugas KPPS juga disiapkan untuk membantu dan mendampingi pemilih disabilitas," jelasnya.(ctr-02/drp/gel)

Kirim Komentar