11 Jun 2018 12:00

Kejar Keterlambatan, Libur Tetap Kerja

MyPassion
Ruas jalan tol Manado-Bitung yang sedang dikebut pengerjaannya. Ditargetkan tahun ini rampung dan beroperasi tahun depan.

MANADOPOSTONLINE.COM—Pekerjaan jalan tol Manado-Bitung tetap akan berjalan selama libur cuti bersama lebaran. Hal ini dikatakan Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung.

"Jadi memang kita ada piket selama libur lebaran. Selama itu kita masih bisa kerjakan, maka akan tetap kita kerjakan sampai tanggal 14 nanti. Kita hanya mengikuti libur yang ada di kalender. Namun untuk mengejar keterlambatan di beberpa lokasi, kami tetap bekerja di libur lebaran nasional," ungkap Manurung.

Hampir 40 tenaga kerja, menurut Manurung, akan mengisi piket saat libur cuti bersama tersebut. Dan 40 orang tersebut adalah penduduk lokal yang memang tidak mengikuti libur lebaran. Dengan piket ini juga, diharapkan bisa mempercepat pekerjaan jalan tol.

"Jadi yang piket ini hanya akan melakukan pekerjaan minor. Yaitu pekerjaan bahu luar serta finishing. Namun tetap kita lakukan, di luar libur lebaran nasional. Kalau akan kembali maksimal pekerjaannya akan dimulai per tanggal 20 Juni," bebernya.

Progres konstruksi jalan tol di seksi 2A disebutkannya, sudah 56 persen dan 2B lima persen. Pihaknya terus berkoordinasi dengan BPN Sulut terkait pembebasan lahan di seksi 2B.

"Jadi kalau untuk lahan di seksi 2B dari informasi yang kita terima sudah 65 persen yang terbebas. Pihak BPN juga telah membentuk satgas dalam rangka percepatan pembebasan lahan di seksi tersebut. Di 2B tersebut kita sudah melihat jika ada lahan yang terbebas, maka kita sudah mulai melakukan pekerjaan. Sehingga tidak ada pekerjaan yang tertunda," imbuhnya.

Pekerjaan konstruksi atas di seksi 2A, dikatakan Manurung, masih belum dilakukan. Direncanakan setelah lebaran pekerjaan konstruksi atas seperti jembatan baru dilakukan.

"Memang kita akan segera melakukan pekerjaan konstruksi atas setelah selesai lebaran nanti. Dan pada Juli dan Agustus, kita sudah akan naikan balok jembatan ke atas. Karena kan tiang dasar untuk jembatan sudah kita kerjakan," kuncinya.(tr-02/can)

Kirim Komentar