11 Jun 2018 09:24

KIA di Minut Terkendala Anggaran

MyPassion
Anita Enoch

MANADOPOSTONLINE.COM—Meski sudah ada instruksi langsung dari pemerintah pusat terkait pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), tetapi di Minahasa Utara (Minut) belum dilaksanakan. Pasalnya, hingga saat ini masih terkendala anggaran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minut melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Anita Enoch SH MSi saat dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini memang belum ada pembuatan KIA. "Karena anggarannya belum tertata. Jadi belum bisa dilakukan pembuatan KIA," ujarnya.

Dibeberkan Enoch, untuk pembuatan KIA hampir sama seperti E-KTP tapi tidak memakai chip. Jadi pembuatan KIA itu cepat, setelah ada akta kelahiran, data sudah masuk, dilakukan scan, lalu dicetak.

Enoch menambahakan, untuk anggaran KIA terbatas karena hanya 4000 keping. "Memang untuk KIA sangat sedikit. Jumlahnya 4000 keping. Dan satu bulan saja, persediaan itu sudah habis," katanya.

Lanjutnya, dari 10 kecamatan se-Minut, akan dibagi perkecamatan 400 keping. "Untuk realisasinya, tetap tahun ini. Karena untuk blangko sudah dianggarkandi triwulan tiga," tukasnya.(tr-04/ria)

Kirim Komentar