11 Jun 2018 14:00

Inspektorat Boltim Tingkatkan Kapabilitas

MyPassion
Meike Mamahit

MANADOPOSTONLINE.COM—Inspektorat Kabupaten Boltim sedang mempersiapkan kenaikan level peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Jika saat ini masih dalam tingkatan level dua, akhir tahun ini dipastikan naik menjadi level dua plus bahkan tiga. Hal ini diungkapkan Kepala Inspektorat Boltim Meike Mamahit.

Menurut dia, untuk mewujudkan bentuk pengawasan terhadap semua keuangan daerah, Inspektorat harus terus meningkatkan kapabilitas dan kemampuan bertaraf nasional bahkan internasional, agar bisa mengawasi dengan profesional dan tepat. "Inspektorat itu memiliki tanggung jawab yang besar dalam bidang pengawasan. Semua orang yang ada di dalamnya harus memiliki kemampuan dalam bidang pengawasan dan memiliki tingkat ketelitian. Saat ini kita masih berada di level dua. Dan akan naik ke level selanjutnya," jelas Mamahit saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat pekan lalu.

Dirinya tak memungkiri, untuk naik ke level selanjutnya akan banyak proses yang dilewati. Antara lain, Bimtek mengenai kesiapan untuk naik level, harus membuat dokumen terhadap program kerja. Kemudian menilai sendiri dokumen yang dibuat tapi dalam pengawasan BPKP. "Artinya untuk naik level ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Kami harus membuat sebuah dokumen dan perencanaan, kemudian menjalankan perencanaan tersebut. Setelah itu menilai perencanaan yang dibuat, apakah sudah sesuai dengan kondisi atau tidak. Namun tetap dalam pengawasan BPKP," jelas perempuan yang pernah menjabat senagai Kadis DisperindagkopUkm tersebut.

Dia berharap, semua auditor yang bertugas akan terus bekerja dengan keras, agar level tersebut bisa didapatkan. "Kami hanya memiliki 20 auditor. Jumlah yang sedikit dibandingkan daerah lain. Tapi kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pengawasan. Karena sudah diawasi saja masih banyak yang salah, apalagi jika tidak diawasi. Sehingga itu menjadi tanggung kawab dan komitmen kami," katanya.

Terpisah, Bupati Boltim Sehan Landjar optimis jika Inspektorat Boltim bisa naik di level selanjutnya. Keoptimisan ini bukan tanpa sebab. Menurutnya, dalam penyerahan laporan keuangan dari BPK, jumlah temuan Boltim jumlahnya sangat kecil. Hal tersebut tidak terlepas dari keberhasilan Inspektorat yang terus melakukan pengawasan. "Kinerja Inspektorat sangat luar biasa. 10 tahun berdiri, Boltim delapan kali ikut pemeriksaan keuangan, dan lima kali dapat WTP. Itu luar biasa, dan itu tidak terlepas dari kerja badan pengawasan," dia memuji.

Dia berpesan, kepada Inspektorat untuk mempersiapkan semua dokumen yang akan dibutuhkan untuk peningkatan level tersebut. "Persiapan dengan matang, pemerintah akan terus mendukung. Agar tahun depan pemeriksaan keuangan Boltim semakin profesional, rinci, dan juga tepat," tutupnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar