11 Jun 2018 11:43

Arus Mudik Membludak, Kapal Siau-Manado Over Kapasitas

MyPassion
Puluhan calon penumpang kapal Siau-Manado terpaksa dilarang naik kapal karena sudah over kapasitas. (Don Papuling/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Libur Idul Fitri selama 10 hari di kalangan ASN dan BUMN menjadi penyebab membludaknya jumlah penumpang kapal. Bahkan dari pantauan sejak Jumat (8/6) hingga Minggu (10/6) tiket kapal cepat Majestik Kawanua yang bertolak dari Sangihe-Siau-Tagulandang-Manado sudah full booking. Para penumpang berebutan untuk duduk, meski harus menggunakan kursi plastik. 

Selain itu kapal sambar seperti Saint Marry yang beroperasi melayani rute Sangihe-Siau-Manado pada Jumat (8/6) malam terpantau penuh. Masyarakat berbondong-bondong, meski harus berdesakan. Bahkan sebagian harus ditolak karena kapal sudah kelebihan muatan. Saat diwawancarai Okjen M Kansil, salah satu tokoh pemuda di Sitaro mengungkapkan, kejadian seperti ini sudah menjadi rutinitas di seluruh daerah kepulauan.

"Karena masyarakat berbondong berlibur ke Manado. Tentu ini sangat disayangkan, jika melihat karakteristik masyarakat kita. Padahal saat libur bisa dilakukan di Sitaro dengan berbagai alternatif liburan. Apalagi kondisi masyarakat yang memaksakan diri untuk naik kapal padahal sudah penuh, sangat membahayakan," ucapnya.

Lanjut Kansil, agen kapal seperti kapal malam Saint Merry wajib memperhitungkan jumlah penumpang kapal, yang disesuaikan dengan penjualan tiket. "Jangan terjadi insiden seperti hari Jumat lalu. Sebagian penumpang terpaksa tidak dimuat karena kapal kelebihan muatan," kuncinya. Sementara itu, salah staf petugas piket otoritas Kesyabandaran yang enggan namanya dikorankan menyayangkan euforia dari masyarakat. "Saat sudah dicekal malah banyak yang menerobos untuk tetap masuk. Bahkan saya didorong hingga hampir tercebur," tuturnya.

Ia mengkhawatirkan juga saat arus balik usai libur. "Tentu akan membludak. Sehingga diimbau, sebaiknya masyarakat yang ingin balik agar menaiki kapal tiga hari sebelum puncak arus balik pada 19-20 Juni mendatang," pungkasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar